Gaikindo Undang Wapres Buka Pameran Otomotif Terbesar se-Indonesia

Foto : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohanes Nangoi di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Selasa (2/8/2016).(Yusuf Stefanus –headlinejabar.com)

JAKARTAheadlinejabar.com

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohanes Nangoi di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Selasa (2/8/2016).

Kedatangan Yohanes bersama Ketua I Jongkie Sugiarto, Ketua III Rizwan Alamsjah, Ketua IV Bambang Subijanto dan Sekretaris Umum Kukuh Kumara, untuk mengundang Wapres membuka pameran automotif terbesar di Indonesia, GAIKINDOIndonesia International Auto Show  (GIIAS), yang akan berlangsung dari tanggal 11 – 21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ini awalnya dibentuk pada tahun 1969. Tujuannya pada saat itu adalah untuk menjadi organisasi kelas dunia, profesional dan independen yang memainkan peran sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan bermotor nasional yang sanggup berkompetisi di pasar internasional.Gabungan Agen Tunggal Kendaraan Bermotor Indonesia (GAKINDO) dan Gabungan Asembling Automobile(GAM). Namun pada tahun 1985, namanya berubah menjadi GAIKINDO.

Baca Juga  Presiden Jokowi : Hampir Semua Provinsi Krisis Listrik

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) adalah sebuah organisasi nirlaba. Semua anggota GAIKINDO adalah perusahaan agen pemegang merk (APM) yang terdiri dari produsen kendaraan bermotor, distributor kendaraan bermotor, serta pembuat komponen utama kendaraan bermotor (manufacturer).

Menurut Yohanes, GAIKINDO dewasa ini ikut mendorong pengembangan industri yang mengarah pada produksi mobil ramah lingkungan (green car). Ini sesuai dengan tren internasional yang menuntut kendaraan bermotor yang memenuhi berbagai syarat untuk menghadapi tantangan ekologis.

Baca Juga  Presiden Tugaskan Sri Mulyani Tangani Kemiskinan dan Lapangan Pekerjaan

Untuk mempromosikan produk yang mengedepankan teknologi green car tersebut, GAIKINDO menyelenggarakan pameran otomotif berskala internasional tiap tahun, GIIAS, yang dibarengi dengan Indonesia International Automotive Conference (IIAC) sebagai arena untuk tukar informasi antara Pemerintah RI, pelaku industri otomotif nasional dan internasional.

Pameran tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi otomotif dunia. GAIKINDO juga mendorong industri otomotif nasional untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial-kemanusiaan.

Industri otomotif Indonesia sampai pertengahan tahun ini masih memiliki sedikit pertumbuhan yaitu mencapai 530.000 unit, 5000 lebih banyak dari tahun lalu.

“Tahun ini kami patok diangka 1.050.000 unit,” ungkap Yohanes.

Menanggapi hal tersebut Wapres menyampaikan, saat ini belanja barang dan belanja modal tidak bisa tinggi.

Baca Juga  Innalillahi, 3 dari 4 Bayi Kembar Meninggal Dunia

“Jumlah penerimaan pajak menurun dan anggaran wajibnya yang banyak menjadikan pembangunan yang dahulunya 30% menjadi hanya 20%”, ungkap Wapres JK.

Dengan diluncurkannya program Tax Amnesty, lanjut Wapres, diharapkan pertumbuhan ekonomi, khususnya penerimaan pajak dapat meningkat diperiode kedepannya.

Gaikindo, Yohanes menuturkan, juga mengharapkan pemerintah dapat segera memproduksi BBM yang memenuhi standart emisi EURO 4 agar para produsen bisa lebih efisien memproduksi jenis kendaraan untuk ekspor dan lokal.
“Saat ini Pertamina sedang memaksimalkan pembangunan di kilang Cilacap, semoga dalam waktu dekat ini kita bisa memenuhi persyaratan tersebut”, ujar Wapres.

Hadir mendampingi Wapres Jusuf Kalla Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi, Infrastruktur dan Kemaritiman Tirta Hidayat.(*)

Editor : Dicky Zulkifly