HUT ke-54, Jasa Tirta II Ajak Masyarakat Berkolaborasi

Jasa Tirta II genap berusia 54 tahun. Dengan usia sedewasa ini, BUMN yang berkantor di Purwakarta, mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dalam konservasi alam.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Tepat pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 Jasa Tirta II genap berusia ke-54 tahun. Keterbatasan akibat pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat seluruh insan Jasa Tirta II untuk tetap berkontribusi kepada alam di usia ke-54 Tahun 2021.

Dengan tema “Survive & Grow in Pandemic Era”, Jasa Tirta II mengusung corporate campaign tentang pentingnya menjaga kelestarian air melalui penanaman pohon untuk menyelamatkan kehidupan masa depan.

“Tahun 2021 ini, Jasa Tirta II menargetkan kegiatan konservasi sebanyak 20.000 bibit pohon yang akan ditanam di Wilayah Kerja Jasa Tirta II. Dengan semangat Kolaborasi Konservasi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, yang melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait untuk mengoptimalkan dan memasifkan gerakan tanam pohon,” ucap Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso.

Konservasi dilakukan di sekitar Mata Air Sungai Citarum (Situ Cisanti) pada luasan lahan sebesar ± 8.000 m2 dengan menanam bibit kopi sebanyak 3.500 pohon, sebagai bentuk dukungan kepada Program Nasional Citarum Harum dalam rangka meningkatkan kualitas air Sungai Citarum. Varietas kopi yang ditanam adalah Arabica Yellow Catimore.

“Tanaman kopi dipilih dengan harapan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat dan memajukan produk kopi unggulan yang berasal dari Km. 0 Sungai Citarum atau Situ Cisanti, sebagai sumber mata air Sungai Citarum,” kata Imam Santoso.

Sepanjang tahun ini, Jasa Tirta II telah melakukan konservasi di 53 lokasi disekitar Bendungan Ir. H. Djuanda, bangunan bendung yang ada di wilayah kerja Jasa Tirta II, pada mata air Sungai Citarum dan Oxbow.

Dalam rangkaian kegiatan konservasi tesebut, Jasa Tirta II berkolaborasi dengan 23 Dansektor Citarum Harum dalam rangka mendukung Program Nasional Citarum Harum dengan menanam sebanyak 2300 Bibit Pohon Tabebuya, Asem Jawa dan Aren di 23 Sektor Citarum Harum.

Tak hanya itu, Jasa Tirta II juga melaksanakan project Biogas secara berkelanjutan dengan memprogramkan bantuan pembangunan 50 digester biogas di Desa Sukamanah, Margamukti, Warnasari dan Margamekar Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

“Program konservasi dan pemberdayaan masyarakat melalui program Biogas ini selain memberikan dampak pada peningkatan kualitas air sungai Citarum (green environment), juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak,” kata Imam.

Peternak mendapatkan manfaat dan keuntungan dari keberadaan biogas untuk akses energi yang digunakan sebagai green energy untuk bahan bakar masak dan penerangan serta pemanfaatan sisa kotoran hewan dari biogas (Bio slurry) menjadi green product untuk media budidaya cacing serta pupuk organik baik cair maupun padat.

Program konservasi tersebut menjadi bagian dari wujud nyata Jasa Tirta II selaku perusahaan BUMN yang bergerak dalam pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) untuk tetap mempertahankan kinerja perusahaan di bidang pengelolaan SDA dan tumbuh dalam situasi di era pandemi saat ini.

Di usia ke-54 tahun ini, Jasa Tirta II juga berkontribusi untuk masyarakat dalam bidang pendidikan. Jasa Tirta II memberikan bantuan pendidikan kepada 150 anak di sekitar perusahaan dan anak karyawan Outsourcing dan TPOP yang bekerja di Jasa Tirta II.

Bantuan pendidikan ini diberikan berupa perlengkapan sekolah, uang tunai, paket kuota internet kepada pelajar tingkat SD, SMP dan SMA serta bantuan uang tunai dan ponsel pintar untuk mahasiswa Perguruan Tinggi.

“Bantuan ini diberikan untuk membantu anak-anak usia sekolah, meringankan biaya perlengkapan sekolah dan biaya personal bagi mahasiswa serta menunjang pembelajaran secara daring (online) di masa pandemi ini,” ucap Imam.

Hari jadi ke-54 tahun Jasa Tirta II disambut dengan antusiasme seluruh elemen (sumber daya) internal Jasa Tirta II seperti karyawan/ti, milenial serta Serikat Karyawan. Walaupun perayaan kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan situasi dan kondisi yang pastinya harus menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan peringatan HUT ke-54 Jasa Tirta II.

Berbagai kegiatan acara dilakukan seperti turnamen olahraga, e-sport, lomba foto, lomba video tiktok, lomba video pantun, PJT II Idol, pemberian bantuan, konservasi dan lain-lain yang pelaksanaannya diutamakan melalui daring (online).

Kegiatan dalam rangkaian HUT ke-54 Jasa Tirta II bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar karyawan serta untuk menguji sportifitas dan kerja sama tim dalam pertandingan yang dapat diaplikasikan dalam pekerjaan.(dik)