Selain Verifikasi, SPS Ingatkan Media Soal UKW

Foto : Ketua SPS Jawa Barat Erwin Kustiman (kanan) menerima cinderamata dari Manajer Humas dan Informasi Publik PJT II Purwakarta Rina Rismayanti (kiri).

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Jawa Barat Erwin Kustiman mengingatkan perusahaan media mempersiapkan diri menjelang tahapan verifikasi tahun ini.

Selain verifikasi, Erwin juga meminta seluruh media di Jawa Barat untuk mengikutsertakan seluruh wartawan dalam uji kompetensi wartawan (UKW).

“Verifikasi media, pertama kali akan dilakukan oleh SPS. Lalu yang menyatakan layak dan tidaknya merupakan kewenangan Dewan Pers,” kata Erwin di sela Workshop dan Media Gathering PJT II Jatiluhur di Hotel Grha Vidya Jl Rasanala No1 Kawasan Grama Tirta Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (7/3/2017).

Baca Juga  Gubernur DKI: Aksi Teror Tidak Menganggu Persiapan Asean Games

Wakil Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat ini menambahkan, verifikasi merupakan amanat Undang-Undang No40 tahun 1999 tentang Pers. Jadi, jika verifikasi ini tidak dilaksakanan merupakan pelanggaran undang-undang.

“Dalam verifikasi, ada 17 instrumen penilaian yang akan jadi bahan acuan kami,” lanjut Erwin.

Namun, Erwin sendiri tak menapik jika kendala soal verifikasi selama ini ada di tubuh Dewan Pers. Selain tidak memiliki cabang atau perwakilan di daerah, lembaga ini lebih fokus pada wilayah pembinaan.

Baca Juga  Presiden Lantik Dubes Enam Dubes LBBP

“Kalau organisasi wartawan kan ada di tiap-tiap provinsi dan kabupaten kota,” beber Erwin.

Soal UKW, kata Erwin, bukan hanya menjadi kewajiban pribadi wartawan, melainkan perusahaan media terkait. Termasuk, organisasi profesi kewartawanan. Setiap tahun masa program, mesti menggelar minimalnya sekali UKW.

“UKW ini kan pendalaman materi kewartawanan. Sertifikasi UKW ini menjadi tolak ukur kompetensi masing-masing wartawan. Termasuk pada saat berbenturan dengan kasus dan delik pers,” kata Erwin.

Baca Juga  PBNU, Polri dan Potensi Konflik Sunni-Syiah di Jawa Timur

Beberapa lembaga mulai Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung sudah dipercaya menggelar UKW.

“Ya kami minta rekan-rekan wartawan dan perusahaan media untuk ikut serta dalam UKW,” tutup dia.

EDITOR : DICKY ZULKIFLY