Persib Masuk Final, Polda Jabar Turunkan 5.000 Personel Kawal Bobotoh ke GBK

PURWAKARTA, headlinejabar.com
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan menerjunkan lebih-kurang 5.000 personel untuk mengawal keberangkatan pendukung tim Persib Bandung (Bobotoh) ke Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Minggu (3/4/2016) pekan ini. Sekitar 4.000 Bobotoh dipastikan berangkat ke Jakarta setelah Persib Bandung memastikan melaju ke babak final Piala Bhayangkara Cup 2016.
“Polda Jabar akan menurunkan hampir 5.000 personel. Kita akan full kekuatan. Termasuk yang di polsek akan kita tarik untuk membuat pagar betis di lokasi yang akan dilewati Bobotoh,” ujar Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Joedi Rooseto kepada wartawan setelah menggelar rapat koordinasi pengamanan keberangkatan suporter Persib di Markas Polda Jawa Barat, Kamis, (31/3/2016).
Ia mengatakan, lebih-kurang 600 bus akan mengangkut Bobotoh dari seluruh wilayah Jawa Barat menuju Gelora Bung Karno. Untuk sistem pengawalan, ia katakan, polisi akan mengiringi rombongan dari titik pemberangkatan hingga tiba di Jakarta. 
“Nanti sistemnya ada yang mengawal juga ada pagar betis di setiap wilayah yang rawan,” katanya.
Pengawalan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok Bobotoh dengan suporter klub dari Ibu Kota. Seperti diketahui, rivalitas antara Bobotoh dan suporter Persija Jakarta hingga saat ini masih cukup tinggi. Selain itu, pengalaman bentrok pun pernah terjadi di antara kedua kesebelasan tersebut, saat Persib berlaga di Jakarta atau saat rombongan Bobotoh melintasi wilayah Ibu Kota.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Jodie mengatakan, polisi akan membuat pagar betis di sekitaran jalan tol yang bakal dilalui rombongan Bobotoh, seperti di jalan tol Cawang, Ciputat, dan Cikarang. “Nanti setelah di perbatasan kami akan di-back-up oleh Polda Metro,” katanya.
Kepala Biro Operasional Polda Jawa Barat Komisaris Besar Muharrom Riyadi mengatakan bakal ada enam titik kumpul pemberangkatan Bobotoh di seluruh Jawa Barat. Nantinya, rombongan Bobotoh dari setiap titik akan dikawal pihak kepolisian.
“Masing-masing bus akan ditempel tiga polisi. Dua pengamanan terbuka satu pengamanan tertutup,” ujar dia. “Kemudian, per sepuluh bus satu rangkaian dengan kawalan depan dan belakang.”
Persib Bandung dipastikan melaju ke babak final Piala Bhayangkara 2016 setelah memenangkan laga semifinal melawan Bali United dengan skor 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Persib Bandung dipastikan bakal melawan Arema Cronus di laga final. Arema unggul 1-0 atas Sriwijaya FC dalam perebutan tiket final Piala Bhayangkara Cup 2016.(*)

Sumber : Tempo
Editor : Dicky Zulkifly