Diesnatalis Ke-9 UBP Karawang Bertabur Hadiah, Prestasi Akademik dan Non Akademik

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM.

KARAWANG, headlinejabar.com

Universitas Buana Perjuangan (UBP) memberikan sejumlah penghargaan terhadap mahasiswa, dosen office boy, hingga sejumlah siswa tingkat SMA sederajat di Karawang.

Pemberian penghargaan tersebut dalam rangka memperingati diesnatalis UBP Karawang yang Ke- 9.

Diesnatalis tersebut bertajuk “Ngindung ka Waktu Mibapa ka Jaman” yang diselenggarakan di ruang Auditorium, Gedung Rektorat, UBP Karawang, Sabtu (28/10).

Sebelumnya, diesnatalis UBP Karawang ini dimeriahkan oleh sejumlah perlombaan, seperti futsal, badminton, tari, vokal, galasin hingga memancing dan lomba tumpeng.

Selain itu, sejumlah penghargaan akademik dan non-akademik juga diberikan terhadap dosen dan mahasiswa berprestasi.

Penghargaan akademik ini dibagi menjadi beberapa kategori, yakni penelitian, pengabdian, hibah dikti, karya buku, haki, paten, conference ilmiah hingga berbagai prestasi cabang olahraga yang berhasil di raih mahasiswa.

Baca Juga  Banyak Pelajaran Bikin Jenuh, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Keluarkan Solusi

Menurut Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM., diesnatalis UBP Karawang sebenarnya jatuh pada 17 Oktober 2023 lalu.

Namun, pihaknya merayakan pada tanggal 28 Oktober ini karena bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

Hal ini menjadi refleksi bersama jika usia UBP Karawang terbilang masih muda. Namun, berbagai prestasi akademik dan non-akademik berhasil di raih, baik di tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Bukan hanya itu, prestasi institusi pun berhasil di raih, setelah pada 17 Oktober 2023 kemarin, UBP Karawang mendapat predikat akreditasi ‘Baik Sekali’.

“Tentu ini pencapaian yang cukup luar biasa di usia UBP Karawang yang baru menginjak 9 tahun,” kata Prof. Dedi, sapaan akrabnya.

Baca Juga  Perpusda Purwakarta Lakukan Pembatasan Layanan

Tak berhenti disitu, prestasi institusi juga berhasil di raih, dengan capaian peringkat yang diberikan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dari level Pratama ke Madya.

Kemudian terkait rangking juga, beberapa tahun belakangan ini UBP Karwang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Misalnya di tahun 2021, UBP Karawang menduduki peringkat 577 dari 4.000 lebih perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Peringkat itu kembali melonjak di tahun berikutnya yang menduduki ranking 400-an. Melansir dari Unirank, UBP Karawang pafa tahun 2023 menduduki peringkat nasional ke 221.

UBP Karawang juga menduduki peringkat ke 24 dari 57 seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Jawa Barat.

Baca Juga  Kabar Bocoran Soal USBN di Jakarta HOAX

Kemudian, kategori Perguruan Tinggi Top di Kabupaten Karawang, menurut Unirank UBP menduduki posisi kedua, menyusul Universitas Singaperbangsa yang berada di peringkat nasional ke 141.

Selain itu, UBP Karawang berhasil menempati urutan Ke- 23 Nasional, dan urutan Ke- 5 Wilayah LLIDKTI IV dalam penggunaan Akses pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di UBP Karawang yang canggih.

Tak hanya itu, UBP Karawang juga kembali meraih prestasi pemeringkatan bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan tahun 2021. Dimana UBP meraih peringkat ke- 250 dari 4.504 Perguruan Tinggi di Indonesia.