Lele Pelajar SDN Cijaya Purwakarta Laku Keras

Foto : Ikan lele yang dipanen anak didik SDN Cijaya, Campaka, laku keras.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kepala SDN Cijaya, Campaka Purwakarta, Agus Komar SPd menyebut ikan lele yang dipanen anak didiknya laku keras. Khusus di Kecamatan Campaka, banyak rumah makan dan warung nasi siap menampung untuk membeli ikan lele hasil ternak para siswa.

Bahkan kata dia, banyak bandar ikan di wilayah ini, sudah menawarkan diri siap membeli ikan lele hasil ternak siswa SDN Cijaya.

Agus berharap, ternak ikan lele di lingkungan sekolah ini bisa menjadi pembelajaran bermanfaat bagi seluruh anak didik.

Ternak lele di lingkungam sekolah ini juga, kata Agus, merupakan salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Secara tidak langsung, guru sudah mengajarkan kepada anak-anak  agar tidak tergantung kepada produk luar negeri tapi lebih memilih kepada produk lokal.

“Dari hasil ternak ikan, jika dibandingan dengan produk lokal ikan yang dihasilkan tidak kalah jauh dan lebih bergizi,” ungkapnya.

Baca Juga : Satu Bulan Ternak Pelajar SDN Cijaya Purwakarta Panen Lele

Siswa kelas enam saling berebut untuk ikut memanen ikan di hari pertama panen kemarin. Siswa juga sempat diberikan pengarahan dari kepala sekolah tentang bagaimana cara beternak ikan lele dengan menggunakan kolam buatan dari terpal.

Salah satu siswa kelas enam, Anjas, mengaku senang bisa belajar banyak tentang bagaimana cara berternak ikan lele. Anjas yang awalnya mengaku takut melihat ikan lele, kini dia menjadi senang karena bisa belajar bersama temannya yang lain di SDN Cijaya.

Diketahui, saat ini SDN Cijaya memiliki sebanyak 272 siswa dari kelas I sampai kelas VI. Dengan ternak lele di sekolah, SDN Cijaya mempunyai visi memberi bekal peluang usaha bagi siswa untuk bekal kelak jika sudah terjun di masyarakat.

Editor : Dicky Zulkifly