Prodi PPKn UBP Karawang Gelar Pameran Photovoice

Prodi PPKn UBP Karawang Gelar Pameran Photovoice

Mengangkat Isu Merawat Bangsa Dalam Bingkai Keberagaman

KARAWANG, headlinejabar.com

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, menampilkan sekitar 50 karya hasil riset dalam pameran photovoice di Auditorium, UBP Karawang.

Pameran yang diselenggarakan pada Selasa, (9/1/24) ini bertajuk “Bingkai Bumi Nusantara: Dalam Keberagaman Indonesia”.

Dosen Mata Kuliah Studi Masyarakat Indonesia, Fitri Silvia Sopyan, S. Pd., M.Pd. mengatakan kegiatan ini bertujuan, membuka ruang bagi mahasiswa untuk belajar mengenali dan menyampaikan gagasan dari pengalaman studi, melalui media visualisasi dan seni.

Baca Juga  Sistem 'Full Day School' di Uji Coba Untuk Sekolah yang Siap

Metode pameran photovoice ini menggunakan strategi focus group disscusion dengan tujuan agar mahasiswa saling berbagi pengetahuan hasil dari riset antar kelompok.

“Dilaksanakannya pameran photovoice adalah sebagai bentuk implikasi kebermanfaatan dari hasil tugas riset mata kuliah Studi Masyarakat Indonesia yang telah dilakukan ke daerah Lombok dan Bali oleh mahasiswa angkatan 2020,” jelasnya.

Baca Juga  Peringati HUT Smanda, Bupati Dedi Ajak Siswa Takbir

Menurut Fitri, photovoice adalah teknik riset yang digunakan mahasiswa dalam memperoleh data. Pada proses ini, mahasiswa memotret berbagai hal yang berkaitan dengan perasaan kehidupan sosial masyarakat, kondisi ekonomi, agama dan kepercayaan, bahkan budaya.

Dalam hal ini, pameran photovoice merupakan bagian penting yang tak terlupakan dari wujud implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Baca Juga  24 Tim Bola Voli Berebut Piala Smansa Spike Championship

Dengan harapan, interaksi langsung antar mahasiswa melalui pameran photovoice ini menciptakan persepsi menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai keberagaman bangsa Indonesia.