Purwakarta Flona Expo 2015 Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Kecintaan Lingkungan

Foto : Purwakarta Flona Expo 2015 segera dibuka

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Purwakarta Flora dan Fauna (Flona) Expo 2015meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat. Seperti diketahui, dalam Purwakarta Flona Expo 2015 selain menampilkan beragam habitat flora dan fauna, banyak produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) asli Purwakarta yang dipamerkan. Dengan demikian, Purwakarta Flona Expo 2015 mengangkat karakter dan kecintaan masyarakat akan lingkungan hidup dan giat dalam menjadi pelaku ekonimi kreatif.

Panitia Penyelenggara Purwakarta Flora dan Fauna Expo 2015 Erwin Herdiansyah menginginkan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup dan sikap aplikatif masyarakat. Di wilayah kecintaan flora dan fauna, masyarakat didorong bisa mengaplikasikan apa yang didapat dalam pameran akbar tersebut.

“Kami menginginkan gerakan sosial ini meningkatkan pembangunan ekonomi kreatif khususnya bidang UMKM. Supaya lebih maju, lewat Purwakarta Flona Expo 2015 merangsang masyarakat untuk cekat dan berinovasi di wilayah UMKM,” jelas Erwin.

Purwakarta Flona Expo 2015 sendiri rencananya akan dibuka secara resmi oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada Kamis (24/12) mendatang, berlokasi di Jalan Veteran Ciseureuh halaman depan Perumahan Permata. Selama sepekan, acara yang juga ajang edukasi bagi anak-anak tingkat taman kanak-kanak ini pun akan diisi banyak pameran dan bazar.

“Kegiatan dan even ini bertujuan mengangkat  tema “berkebun jadi budaya”. Bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan anak usia dini untuk lebih mencintai lingkungan. Fokus utama dari kegiatan kami ini sebagai even edukasi, ekologi dan ekonomi. Serta membuat sinergi dengan masyarakat di lingkungan sekitar,” tutur Erwin.

Adapun agenda pameranPurwakarta Flona Expo 2015 di antaranya Flona Bazar UKM pada 24 sampai 30 Desember 2015, Flona Tanam Hias 24 sampai 30 Desember 2015, Flona Komunitas Reftil 26 sampai 29 Desember 2015, Flona Dog Show 27 Desember 2015, Flona Cat Show 26 Desember, Flona Kicau Mania 29 Desember, Flona Festival Musik 24 sampai 30 Desember, Flona Berkebun Bersama 28 Desember 2015, Flona Lomba Mewarnai 24 Desember 2015.

“Dalam pameran ini kami mengundang siswa TK RA negeri dan swasta, lalu siswa SD MI se-Kabupaten Purwakarta. Tentunya akan seru dan menarik. Ajang edukasi ini akan mempertontonkan anak-anak yang masih lucu unjuk kesayangan pada flora dan fauna,” tutur dia. 

Acara ini, mendapat dukungan penuh dari pihak pemerintah daerah. Antara lain leading sector Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) dan komunitas pecinta flora dan fauna dalam serta luar Purwakarta.(aga)