SMPN 2 Purwakarta Kejar Banyak Prestasi

Foto : Kepala SMPN 2 Purwakarta H Ade Nandang Suryana MPd

PURWAKARTA, headlinejabar.com
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Purwakarta, di tahun 2016 sebagai tahun yang penuh warna berencana menarget dan meraih banyak prestasi. Di tahun ini, sekolah favorit di Purwakarta ini lebih fokus belajar dan meraih prestasi pelajar dan sekolah. Tak beda dari tahun sebelumnya, saat ini SMPN 2 lebih tegas mengedepankan Konsep Pembelajaran 7 Poe Pendidikan Istimewa.

 

Kepala SMPN 2 Purwakarta H Ade Nandang Suryana MPd mengatakan, selalu berupaya mengaajarkan anak didik tentang keunggulan secara individual, kultural dan karakter. Sebagaimana amanat Peraturan Bupati (Perbup) No 69 tentang Penerapan Konsep Nilai Dasar Pendidikan Berkarakter, pihaknya mengajak anak terdidik untuk melakukan kebiasaan orang Sunda yang belum dikuasai. Salah satunya, kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum perempuan Sunda terdahulu.

“Dengan berbiasa kultural kami yakin mereka lebih berprestasi. Tidak neko-neko dan tetap teguh pada pendirian orang Sunda yang selalu mencari ilmu dan membaginya. Di tahun ini kami ingin memaksimalkan kajian saintis formal, mengarahkan anak unggul dalam segi wawasan kearifan dan empirikal. Maksudnya, anak dididik supaya tidak luntur dengan kemajuan,” ujarnya.

Di tahun lalu, banyak prestasi diraih oleh sekolah favorit jenjang menengah ini. Mulai dari menjadi juara harapan 1 Paskibra di SMPN 1 Jatinangor, ikut serta dalam Gebyar Legenda Nusantara sampai menjuarai lomba Paskibra di Yonip 303 Ciburuk Garut.

“Tahun ini kami berharap lebih berprestasi. Paskibra menjadi keunggulan dari segi Ekskul. Disamping itu, kami juga memiliki ekskul Palang Merah Remaja (PMR), silat, dan Silung Sunda. Bahkan kami juga ikut serta dalam festival budaya Jawa Barat kemarin,” terang dia.

Kaitan dengan kegiatan bersekolah, SMPN 2 Purwakarta mengacu pada konsep yang diamanatkan. Untuk menciptakan kultur, sekolah ini tak jauh dari aktifitas ruhaniah. Sementara dari karakter, konsepan mendidik keimanan setiap minggu di hari Jumat diisi dengan kegiatan ceramah kerohanian. 

“Karakter kepribadian, kami juga melatih mental anak. Dari Segi kegiatan Paskibra, yang sangat menonjol memang. Bahkan kemarin yang baru-baru ini kami mengikuti lomba LBB, juara satu Variasi Formasi Terbaik ke-2 di Jawa Barat,” ungkap Kepsek Ade.(dzi)