UBP Karawang Gelar Workshop MBKM dan Kurikulum OBE untuk Dosen

UBP Karawang Gelar Workshop MBKM dan Kurikulum OBE untuk Dosen

KARAWANG, headlinejabar.com

Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang gelar workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) untuk para dosen.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang auditorium 1, Gedung Rektorat UBP Karawang, Rabu (6/12/23).

Menurut Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM., kegiatan tersebut merupakan langkah strategi UBP Karawang dalam mengintegrasikan kurikulum pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Indonesia untuk perguruan tinggi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

“Kegiatan ini bertujuan agar dosen UBP Karawang secara wawasannya terbuka terkait peluang program kurikulum dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa,” katanya.

Baca Juga  Disdik Purwakarta Maksimalkan Pelayanan Bus Sekolah

Kaitan dengan kompetensi mahasiswa, dijelaskan Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM, selaku pemateri, perlu ditunjang dengan berbagai program dalam kurikulum MBKM.

Diantaranya, Program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri, Program Kampus Mengajar, Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, Program Kewirausahaan Kampus Merdeka, Program Penelitian Kampus Merdeka, Program Kemanusiaan Kampus Merdeka, Program Pembangunan Desa Kampus Merdeka.

Baca Juga  Tak Netral Saat Pemilu, SM ASN Pemkab Purwakarta Dijatuhi Sanksi

Misalnya, program magang bersertifikat kampus merdeka menjadi daya tarik tersendiri bagi pengembangan hardskil dan softskil mahasiswa. Karena, mahasiswa akan belajar di luar kampus, khususnya pada lingkup industri, dunia usaha, ataupun kerja (Iduka).

“Melalui kegiatan MBKM ini, mahasiswa berkesempatan dalam satu semester ini untuk memenuhi capaian pembelajaran dalam bentuk kegiatan pembelajaran diluar kampus yang diakui minimal 6 sampai 20 SKS melalui mekanisme konversi,” jelasnya.

Dengan begitu, menurut pemateri kedua, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., MBKM akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda terhadap mahasiswa. Karena mengintegrasikan dunia kerja dengan teori yang diajarkan di dalam kampus.

Baca Juga  Dinas Pendidikan Purwakarta: Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sawah Kulon

“Jadi program MBKM ini bukan hanya terkait mahasiswa membawa ilmu pengetahuan yang didalam kampus kemudian diterapkan saja, tetapi juga mereka belajar meningkatkan kompetensi di luar kampus,” timpalnya.

Untuk itu, tujuan UBP dengan sasaran capaian akreditasi unggul akan semakin cepat secara akselerasinya, ketika pengembangan kurikulum MBKM ini dapat dilakukan secara masif.