UBP Karawang Perkuat Pemahaman Identitas Nasional Mahasiswa melalui Mata Kuliah Jatidiri Bangsa

Seminar nasional jatidiri bangsa Universitas Buana Perjuangan Karawang.

KARAWANG, headlinejabar.com

Identitas nasional merupakan ciri khas suatu bangsa atau pembeda antara suatu negara dengan negara lain. Indonesia memiliki banyak identitas, maka dari itu negara ini disebut sebagai negara multikultural.

Namun, kerap kali negara multikultural seperti indonesia ini dihadapkan dengan konflik yang ditimbulkan oleh gesekan antara suku, agama, ras, dan antar golongan.

Padahal, identitas nasional Indonesia sebagai negara multikultural merupakan simbol dari kewibawaan bangsa.

Dalam hal ini, identitas nasional tentu harus dijaga, dan mahasiswa memiliki peran strategis sebagai agen pertahanan identitas nasional.

Persoalan tersebut akhirnya menjadi titik fokus utama penyebab lahirnya UBP Karawang dengan membawa citra dalam visinya berwawasan kebangsaan, dan bereputasi internasional.

Untuk mencapai visi tersebut, UBP Karawang menyelenggarakan mata kuliah khusus yang wajib diampu oleh setiap mahasiswa, yakni Jatidiri Bangsa.

Baca Juga  Purwanto: PPDB Purwakarta Jujur, Merata dan Berkeadilan

Mata kuliah Jatidiri Bangsa ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan manifestasi kesadaran akan tanggung jawabnya untuk menjaga identitas nasional bangsa.

Mengingat mahasiswa sebagai generasi muda yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan dan sebagai agen perubahan bangsa Indonesia.

“Mata kuliah Jati Diri Bangsa di UBP Karawang, walaupun hanya memiliki bobot 2 sks, memiliki potensi besar untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa di mana pun mereka berada,” jelas Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM.

Pernyataan itu dilontarkan Prof. Dedi pada giat Seminar Nasional yang bertajuk “Penguatan Identitas Nasional Mahasiswa Melalui Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara”.

Acara ini digelar di Aula 1 Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, dan berhasil menyedot perhatian lebih 1.700 mahasiswa.

Baca Juga  Disdik Purwakarta Yakin UNBK Berjalan Dengan Baik dan lancar

Mereka semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan seminar nasional yang bertujuan untuk memupuk wawasan kebangsaan dalam bingkai identitas nasional negara multikultural.

Menurut salah satu pemateri dari Universitas Lampung, Dr. M. Mona Adha M.Pd, wawasan kebangsaan ini mencakup kesadaran berbangsa dan bernegara, kepribadian bangsa, persatuan dan kesatuan, jiwa besar dan patriotisme, serta tanggung jawab.

“Penting bagi mahasiswa untuk memahami konsep bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan yang didasari oleh kesadaran diri dan lingkungannya dalam berbangsa dan bernegara menjadi fokus pembahasannya,” jelasnya.

Selain Dr. Mona Adha, pemateri lain pun trut menyampaikan hal serupa dalam memperkuat pemahaman identitas nasional mahasiswa ditengah ancaman degradasi bangsa.

Sementara itu, Ketua Pelaksana seminar nasional mata kuliah jatidiri bangsa, Erwin Susanto, M.Pd mengatakan seminar ini adalah wujud komitmen UBP Karawang dalam memperkaya dan memperkuat jati diri bangsa para mahasiswa.

Baca Juga  Program Unggulan SMAN 1 Sukasari Hafal Quran Juzz 30

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak angkatan pertama mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Sampai saat ini berarti sudah berjalan selama sembilan tahun,” terang Erwin.

Erwin juga menjelaskan, mata kuliah ini sendiri merupakam ciri khas yang hanya dimiliki Universitas Buana Perjuangan Karawang. Satu-satunya di Indonesia dan telah berjalan beberapa tahun.

“Mata kuliah ini memiliki peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang penuh dengan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara. Dengan jegiatan seminar ini diharapkan menjadi landasan yang kuat bagi para mahasiswa dalam berwawasan kebangsaan,” pungkas Erwin.