UPI Purwakarta Resmikan Gedung Baru

Foto : Pertemuan Civitas Akademik UPI Purwakarta dalam rangka peresmian gedung baru, Gedung Normaal School UPI Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta meresmikan gedung baru Normaal School, Senin (18/1/2016) kemarin. Gedung Normaal School milik UPI Purwakarta ini, diketahui sudah berumur tua sejak dibangun pada tahun 1914 dan baru rampung direnovasi awal 2016. Dengan peresmian gedung baru khusus petinggi kampus, UPI Purwakarta berencana meningkatkan kualitas pendidikan tingginya.

 

Peresmian tersebut, dilakukan UPI Purwakarta dalam rangka melakukan pembenahan insfrastuktur pendidikan di lembaganya. Sebab, UPI Purwakarta di tahun ini fokus melakukan pelayanan pendidikan bagi daerah luar Purwakarta. Khususnya menampung mahasiswa asal daerah kabupaten yang ada di Jawa Barat.

“Pembenahan ini dimantapkan oleh para dosen dengan melakukan research penelitian. Sehingga kualitas pengajar di UPI Purwakarta memadai dalam mengarahkan calon-calon guru yang berkualitas. Selain itu, kami berupaya melakukan akomodir tehadap perguruan tinggi yang ada di Purwakarta,” papar Rektor UPI Bandung Prof H Furqon MA PhD dalam sambutannya.

Menurut Prof Furqon, UPI Purwakarta sudah lama melintang dalam menyiapkan kader kader guru sekolah dasar maupun pendidikan usia dini. Keberadaan UPI bukan lagi berbicara tentang mencetak calon-calon guru yang terstandarisasi, melainkan, UPI sebagai ruh pendidikan Indonesia. Ditarik pada realitas pendidikan di Purwakarta Prof Furqon menginginkan UPI Purwakarta bisa membantu kemajuan daerah.

“Salah satunya pengembangan di wilayah penelitian mahasiswa dan dosen pengajar. Sehingga, sumbangsih UPI benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat. Di sisi internal, bangunan lembaga UPI sudah jauh memadai, sebagai tanda kesiapan meracik kemajuan pendidikan di daerah,” papar dia.

Direktur UPI Purwakarta Drs Turmudi MEd MSc PhD menilai, seabad lebih lamanya bangunan yang dipakai UPI berdiri. Saat ini, untuk kepentingan pendidikan dan pengistimewaan civitas, pihaknya berupaya membenahi insfrastruktur. Selain peresmian Gedung Normaal School, pihaknya sudah mengoperasikan kampus perkuliahan setinggi tiga lantai.

“Bangunan ini menampung ribuan mahasiswa. Maka jelas, dengan ketersediaan ruang kelas, UPI Purwakarta siap mengakomodir calon-calon mahasiswa yang ada di Jawa Barat. Sejauh ini memang, mahasiswa UPI kebanyakan berasal dari luar. Jika ditilik dari sejarah, UPI berhasil mencetak guru-guru berprestasi dan siap mengabdi,” papar Direktur Turmudi.

Senada disampaikan Wakil Direktur UPI Purwakarta Dr H Agus Muharam MPd. Menurutnya, sebagai perguruan tinggi negeri, UPI Purwakarta wajib memiliki bangunan yang layak. Selain infrastruktur, UPI akan lebih menata sisis estetika kampus. Dijelaskan Agus, hal tersebut untuk menggambarkan UPI Purwakarta sebagai kampus yang berwibawa.

“Kami memiliki masjid, halaman parkir yang luas, taman, lapang bola, dan aula yang sering digunakan aktifitas sosial. Artinya kepentingan UPI merupakan kepentingan masyarakat. Kami sampaikan, UPI Purwakarta sudah berhasil menyelesaikan renovasi gedung civitas akademik dan perkuliahan sejak 102 tahun lalu gedung ini dibangun,” pungkas dia.

Seperti diketahui, peresmian Gedung Normaal School UPI Purwakarta yang dibangun sejak 1914 ini, dikukuhkan Senin (18/1) kemarin dengan ditandatangai oleh Rektor UPI Bandung Prof H Furqon MEd MSc PhD, Direktur UPI Purwakarta Drs Turmudi MEd MSc PhD, Wakil Direktur Dr H Agus Muharam MPd, Kaprodi PGSD Drs Mamad Kasmad SPd MPd dan Kaprodi PGPAUD H Suprih Widodo SSi MT.(dzi)