Kisah Merryza Dwirizki Mendirikan OUTFITM Sejak Masih Kuliah

BISA dibayangkan dengan hanya bermodalkan uang sebesar Rp500 ribu rupiah, namun Merryza Dwirizki (Icha) Gadis Cantik kelahiran Kota Santri Kabupaten Purwakarta Jabar ini mampu merintis sebuah usaha online dari nol dan kini sukses bekerjasama dengan sang kakak Velly Yulian mendirikan Toko Online yang diberi nama Outfitm.

Icha dan kakaknya Velly mengawali buka Usaha Toko Online Outfitm itu sejak Bulan Oktober 2015 dan kebetulan kala itu kondisi musim penghujan tiba. Bahkan, Icha pun harus membagi waktunya antara kuliah di Wilayah Bilangan Bandung dengan Berjualan.

Dalam pelayanannya terhadap konsumen, Toko Online Outfitm awalnya membuka dan menerapkan sistem PO (pre order atau pesan lebih dulu) dengan menggunakan Instagram sebagai sarana pemasarannya.

“Kala itu saya hanya memiliki modal seadanya dan bagaimana caranya bisa menekuni keseriusan dalam membuka bisnis. Tapi, alhamdulillah, cuma dalam waktu kurang dari 2 tahun saja, tepatnya di tahun 2015-2016, Outfitm sudah bisa memasarkan produk pakaian sejenis Jean dan Sweater,”ujar Icha saat diminta keterangan awak media Kamis (29/7/21) di Toko Online Outfitm dibilangan Wilayah Purwakarta.

Menurut Icha, awalnya pengalaman saya saat itu tatkala mencari baju hangat untuk dipakai sendiri dan aku memang seringnya mengenakan baju hangat karena jika musim hujan tiba, saya alergi terhadap cuaca dingin dan merasa waktu itu susah sekali mencari baju yang cocok. Sedangkan, saat itu yang namanya online shop belum terlalu booming seperti sekarang. Akhirnya, dalam benak dan pikiran saya, iseng-iseng bikin baju ke penjahit hanya satuan saja dan kala itu temen-temen kuliah khususnya sering menanyakan beli baju di mana,”ujarnya.

“Saya dan kakak mulai bekerja sama dengan konveksi dan mengembangkan bisnis Online Outfitm ini. Memang, Best Seller pada waktu itu adalah Sweater Rajut sebelum berkembang seperti saat ini yaitu berjualan produk jeans. Tepatnya, Bulan Oktober 2015 hingga 2017 berjualan Sweater Rajut dan sejak tahun
2017 hingga sekarang ini yang menjadi unggulan adalah produk jeans,”ujar Icha.

Saat bersamaan, Velly Yulian menambahkan, Alhamdulillah saat ini Outfitm sudah bekerjasama dengan Marketplace Shopee. Sehingga Outfitm kini mampu menjual ribuan produk setiap bulannya. Bahkan, Produk rajut dan jeans tak hanya laku di pasaran dalam negeri, tapi juga banyak orderan barang dari manca negara seperti Malaysia, Singapura, dan negara lainnya.”