Syaiful Huda Dukung Kemajuan Desa Wisata di Purwakarta

Syaiful Huda dalam Forum Penguatan Jejaring dan Tata Kelola Destinasi Wisata di Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mendorong tumbuh dan berkembang desa wisata di Kabupaten Purwakarta.

Syaiful Huda meyakini jika desa wisata sudah berkembang akan berdampak pada sektor perekonomian masyarakat di wilayah itu.

“Misalkan di desa itu ada lokasi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata, maka bisa didorong perkembangnya melalui berbagai hal, sehingga menjadi tujuan wisatawan,” ujar dia dalam acara Forum Penguatan Jejaring dan Tata Kelola Destinasi Wisata di Kabupaten Purwakarta berlokasi di Litbang Kramik Plered, Selasa 8 Agustus 2023.

Baca Juga  Ayo Sini Main ke Cikao Park Purwakarta

Ia mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membantu jasa agen wisata untuk membuat travel patent.

Misalkan wisata budaya di Purwakarta selama dua hari. Selama dua hari itu saling berkunjung dari desa ke desa lain. “Jejaringnya kita dorong ke arah sana,” kata politisi PKB itu.

Menurutnya, pengembangan desa wisata ini tidak perlu investor karena dikhawatirkan menjadi private, sehingga tidak berdampak pada perekomian karena tidak melibatkan warga secara luas.

Untuk itu, ia meminta dialokasikan melalui dana desa agar bisa mengembangkan desa wisata secara mandiri.

Baca Juga  Perbaikan Sri Baduga Selesai

“Kewenangan penggunaan dada desa ada di Kementerian Desa. Kita sudah dorong Kemenparekraf bekerjasama dengan Kementerian Desa, dan hari ini sudah berjalan,” ujar dia.

Ia berkomitmen akan mendorong desa yang belum menjadi desa wisata. Bagi yang sudah ada akan didorong untuk perkembangannya.

“Ada desa wisata sudah bagus kita dorong kemandiriannya. Kepala desa hari ini kita undang untuk benjalankan rencana itu,” ujar dia.

Ia menyebut bahwa kepala desa antusias untuk mengembangkan desa wisata, karena jika ingin ada percepatan kesejahteraan pendapatan di desa, salah satunya melalui perkembangan wisata di desa.

Baca Juga  Kumpulan Resep Kue Kering Lebaran yang Enak dan Lezat

“Tapi dengan catatan semuanya dikelola oleh desa, tidak bekerjasama dengan investor,” kata Syaiful Huda.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Disporaparbud Purwakarta, Acep Yuli Mulya menambahkan bahwa desa wisata di Purwakarta sudah berjalan.

Desa wisata di Purwakarta ada 11, 10 desa wisata rintisan dan 1 desa merupakan desa wisata berkembang yakni Kampung Tajur.

“Desa wisata terus kita kembangkan di Purwakarta, apalagi kita sudah punya Perda wisata,” ujar dia.