Industri Kreatif Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Ist. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop, UMKM, Perindag) Kabupaten Purwakarta luncurkan strategi perdagangan daerah dalam persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Salah satunya dengan cara melakukan pemantapan di wilayah sistemik perdagangan. Mulai dari bangunan fisik pasar, unsur UMKM dan kualitas SDM pelaku bisnis. Termasuk, Purwakarta lebih menitikberatkan penciptaan lapangan pekerjaan melalui teknisan industri kreatif.

Baca Juga  Genjot Pendapatan UMKM, Pemkab Purwakarta Sediakan Sejumlah Fasilitas

“Kami lebih fokus menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satunya di wilayah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan industri kreatif,” jelas Kepala Diskop, UMKM, Perindag Purwakarta M Syahrul Koswara.

Selain itu pihaknya berupaya meningkatkan kualitas produksi barang UMKM dan industri kreatif. Sebelum kemudian di wilayah pemantasa packaging atau pengemasan yang lebih layak.

“Dengan sudah digratiskannya sertifikat halal dan BPOM packaging akan lebih dipercaya dan lebih diminati. Ketika sektor produk daerah lebih diminati, implikasinya lapangan pekerjaan kita terpenuhi,” papar Syahrul.

Baca Juga  Dilarang Jualan Hewan Ternak di Pinggir Jalan

Kabid Industri Diskop, UMKM, Perindag Purwakarta Tedi Setiadi menambahkan, selain penambahan outlet UMKM turut serta membina pelaku bisnis berbasis IT. Dimana mereka pelaku bisnis mikro terlibat langsung dalam praktik bisnis online.

“Di samping peningkatan kualitas, turut serta dibantu di wilayah distribusi bisnis,” tambah Tedi.

Di saat krisis ekonomi global seperti saat ini, solusi yang mesti dilakukan semua pihak tak lain merupakan pemanfaatan maksimal produk dalam daerah tang tak serta merta bisa dibeli dengan dollar.

Baca Juga  LPG Regional VI Juga Pastikan Stok Aman untuk Depok

“Kita manfaatkan saja produk dalam daerah yang tidak kalah baik. Desain strategi ini sebagai langkah mengembalikan kondusifitas perekonomian nasional,” pungkas Tedi.(dzi)