ANRI Pilih Arsip Daerah Purwakarta LKD Terbaik

Foto. Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memilih Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta sebagai juara umum 3 pemilihan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terbaik tingkat nasional tahun 2015.

Arsip Daerah Purwakarta, ketiga lebih unggul dari arsip daerah lain asal kabupaten dan kota se-Indonesia. Pemilihan digelar ANRI secara objektif pada Agustus 2015 lalu. Proses penilaian dilakukan melalui beberapa tahap. Diawali dengan pengisian quisioner, dilengkapi dengan data pendukung.

“Arsip Daerah Purwakarta, sebelumnya terpilih oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BAPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat selaku LKD terbaik di Jawa Barat untuk mengikuti kegiatan tersebut,” jelas Kepala Kantor Arsip Daerah Purwakarta, Hj Nina Meinawati SH.

Setelah terpilih menjadi 5 besar finalis, dilanjutkan dengan tahap verifikasi lapangan ke Kantor Arsip Daerah Purwakarta dan OPD binaan oleh tim penilai dari kenyataan dilapangan.

“Tahap terakhir dan paling menentukan adalah ekspose dari Kepala KAD di hadapan para juri dan ANRI Jakarta pada tanggal 15 Agustus 2015 lalu dilanjutkan dengan tanya jawab,” terang Nina.

Dalam penganugrahan kejuaraan, piagam penghargaan diserahkan langsung oleh kepal ANRI DR Mustari Irawan MPA kepada kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta Hj Nina Meinawati SH yang dilaksanakan di Hotel Red Top Jakarta pada tanggal 17 Agustus 2015 malam lalu.

“Setelah pagi harinya menikuti upacara peringatan HUT RI ke 70 di Istana Negara.Dan keesokan harinya pada tanggal 18 Agustus, Kepala KAD beserta para pemenang kearsipan dari berbagi kategori itu hadir mengikuti undangan ramah tamah dengan Presiden RI berserta para teladan nasional di Istana Kepresidenan Bogor,” terang Nina menceritakan.

Keberhasilan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Karena telah membawa nama baik daerah dalam pembangunan di bidang kearsipan tingkat nasional.

“Oleh karena itu kami beserta seluruh pegawai menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungannya selama ini. Khususnya kepada Bupati Purwakarta,” ucap Nina.

Dari pihak bupati, diakui Nina, sejauh ini selalu memberikan support agar Kantor Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta menjadi yang terbaik bukan hanya Tingkat Provinsi Jawa Barat namun juga dikenal akan keberhasilannya di Tingkat Nasional.

Salah satunya dengan inovasi manajerial kearsipan yang dikemas semenarik mungkin. Yang awalnya terkesan kaku, arsip dijadikan objek perhatian publik. Di Purwakarta, sudah dibangunkan Bale Panyawangan Diorama Tatar Sunda, menyusul Diorama Nusantara.

“Dari awal berdiri sejak Februari lalu, Bale Panyawangan Diorama Tatar Sunda Purwakarta sudah menerima 15.000┬álebih pengunjung berbagai unsur pemerintahan, pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dalam dan luar daerah,” pungkas Nina.(dzi)