BPN Serahkan Sertifikat Gratis kepada Masyarakat

Foto : Kasi HTPT BPN Purwakarta, Sismanto AptnH bersama dengan penerima sertifikat prona

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Puluhan sertifikat atau surat gratis di serahkan Badan Pertanahan Negara (BPN) Purwakarta terhadap warga purwakarta. Pasalnya, menyerahkan puluhan sertifikat itu dari program Prona tahun 2015. Tak hanya sertifikat Prona, BPN Purwakarta juga menyerahkan 35 bidang Penerima sertifikat Barang Milik Negara (BMN)

Kepala Kantor BPN Purwakarta, Elda Djuanda Hasan SH menyebutkan, penyerahan sertifikat Prona dan BMN itu sengaja diserahkan secara langsung terhadap masyarakat purwakarta. “Jumlahnya sekitar 1800 warga yang mengikuti Prona,” katanya.

Menurutnya, untuk memberikan kepuasan terhadap masyarakat, BPN terus meningkatkan pelayanan dalam proses surat menyurat pertanahan. “Pelayanan kepada masyarakat akan terus kita tingkatkan, mudah mudahan kita terus dapat memaksimalkan pelayanan,” teangnya.

Ia pun menambahkan, tak hanya pelayanan prona, dalam memberikan kepuasan pelayanan kini BPN memiliki program pelayanan 70-70. Dimana, pengurusan terkait surat menyurat pertanahan akan membutuhkan waktu paling lama sekitar 90 hari kerja. “Program 70-70 ini sangatlah cepat tergantung proses mana dijalani. Dan, proses yang paling lama akan memakan waktu sekira 3 bulan,” terangnya.

Sementara, Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) Sismanto Aptn.H menambahkan, layanan cepat 70-70 ini bertujuan untuk melayani masyarakat yang akan mengurus surat pertanahannya dalam waktu cepat. “Dalam proses surat menyurat pertanahan saat ini akan berlangsung cepat,” sebutnya.

Dan, masih dijelaskan, BPN Purwakarta pada tahun 2016 akan megajukan penambahan kuota dalam program prona. “Kita akan upayakan kuota untuk program Prona akan ditambah di setiap desa atau kelurahan,” jelasnya.

Foto : Kepala Kantor BPN Purwakarta saat menyerahkan hadiah kepada pegawai yang berhasil meraih juara pada lomba HUT BPN

Diinformasikan, dalam acara penyerahan sertifikat Prona dan BMN, BPN Purwakarta juga sekaligus memberikan piagam atau hadiah terhadap juara dalam lomba HUT BPN.

Disamping itu, Kades Citeko Samsuazis yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, dengan adanya program prona ini banyak masyarakat di wilayahnya yang merasa terbantu. “Pada tahun ini, sebanyak 200 warga kami terbantu dalam hal kepemilikan surat tanah,” katanya.

Ia pun melanjutkan, jika saat ini masih ada warganya yang belum memiliki surat tanah. Oleh karenanya, ia sangat berharap pada tahun depan warga yang belum mengikuti program prona dapat tercover.(ays)