Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Usulkan Gedung Bakorwil II Jabar Direnovasi dan Dipercantik

Foto : Ilustrasi Gedung Bakorwil II Jabar di Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar Gedung Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) wilayah II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) di Purwakarta, direnovasi dan dipercantik.

Gedung yang berada di Jalan Siliwangi itu tepat bersebelahan dengan Taman Sri Baduga Maharaja Situ Buleud. Gedung itu dibangun pada 1906 dan sempat digunakan kantor Keresidenan Karawang.

Baca Juga  Andi Tatang : Masyarakat Bisa Laporkan Terkait Aset Yang Hilang Ke Kejaksaan Dan KPK

“Baiknya itu direnovasi, menyesuaikan dengan bentuk tata kota Purwakarta. Seperti pagarnya yang seperti pagar Purwakarta,” ujar Dedi usai Musyawarah RencanaPembangunan (Musrenbang) tahun 2017 tingkat Kabupaten Purwakarta, di Bale Citra Resmi (BCR) Jalan LRE Martadinata Purwakarta, Kamis (3/3/2016).

Gedung Bakorwil disebut-sebut berarsitektur gaya indische empire stijl (the empire style), sebuah arsitektur yang disebut Dr Charles Thomas Nix pada 1949 sebagai bangunan gara romantiek di Eropa.

Baca Juga  Jurus Dedi Mulyadi Agar Harga Beras Murah dan Lumbung Padi Terjaga

Halaman gedung itu luas. Di sebelah gedung terdapat lapangan tenis dan beberapa gedung kecil lainnya. “Misalkan dibuat taman-taman di halamannya sehingga warga bisa berwisata taman disana. Apalagi itu gedung bersejarah,” ujar dia.

Kemudian, jika gedung itu direnovasi, akan berkoneksi dengan Taman Situ Buleud di sebelahnya. “Jadi warga selain bisa berwisata Taman Situ Buleud nantinya bisa berwisata juga ke Gedung Bakorwil,” ujar Dedi.(dzi)

Baca Juga  Massa Pandawa Kembali Tuntut Ketua DPRD Purwakarta Mundur dari Jabatan