Bupati Purwakarta Dukung Literasi Digital Anak-anak Muda

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat menghadiri Literasi Digital Jaringan Muda Berdaya di Gedung Creative Center, Selasa 22 Agustus 2023.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mendukung segala macam upaya literasi digital anak-anak muda.

Pemerintah daerah saat ini terus berupaya membuka pemahaman anak-anak muda supaya siap menghadapi era 5.0.

“Karena tantangan kita semakin berat, anak-anak muda harus keluar dari zona nyaman. Terus mengeksplorasi kemampuan dan kompetensi,” ucap Anne usai menjadi pemateri program Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Jaringan Muda Berdaya Kabupaten Purwakarta di Gedung Creative Center, Selasa 22 Agustus 2023.

Literasi digital sejalan dengan program pemerintah daerah. Sebetulnya mengenai regulasi Purwakarta menuju smart city sudah terbentuk. Tinggal anak-anak muda Purwakarta menjadi pelaku utama di dalamnya.

Baca Juga  Purwakarta Kuatkan Internalisasi Ideologi Pancasila

“Kita pemerintah daerah hanya menyiapkan infrastrukturnya saja, dan anak-anak muda ini sebagai suprastruktur sekaligus pelaku utama,” kata Anne.

Seputar Jaringan Muda Berdaya

Jaringan Muda Berdaya memiliki tujuan yang bervariasi, namun secara umum, mereka ada untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda, memberdayakan pemuda dalam masyarakat, membangun kolaborasi jaringan antar pemuda.

“Melakukan advokasi untuk perubahan sosial, dan mengembangkan kepemimpinan generasi muda. Dengan fokus pada tujuan-tujuan ini, saya yakin jaringan muda berdaya dapat menjadi platform yang kuat untuk memberikan pendidikan, pelatihan, kesempatan, dan dukungan bagi pemuda agar mereka dapat berperan aktif dalam membentuk masa depan yang lebih baik,” ujar Ketua Jaringan Muda Berdaya Purwakarta, Muhammad Hidayatullah.

Baca Juga  Hari ini Purwakarta Gelar Apel Siaga Petugas Sensus Ekonomi 2016

Sementara, Ketua Panitia Literasi Digital Jaringan Muda Berdaya Kabupaten Purwakarta Shandy Sanjaya R menambahkan, dunia kerja saat ini semakin terhubung dengan teknologi digital.

“Oleh karena itu, penting bagi para teman muda berdaya untuk mempersiapkan diri secara optimal menghadapi masa depan yang semakin digital ini,” kata Shandy.

Dalam seminar ini, panitia pelaksana menyuguhkan materi tentang literasi digital. Shandy mengajak generasi muda menjadikan teknologi sebagai alat yang kuat untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan kualitas karir di masa depan.

Baca Juga  Warga Puas Buat SIM di Satpas Pasar Segar

Acara literasi digital ini diharapkan bisa mendorong para teman muda jaringan muda berdaya dalam mengoptimalkan teknlogi digital untuk berkembang dan bersaing di era revolusi industri 5.0.

“Alahmdulillah acara literasi digital dihadiri pemateri Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika, Anggota DPR RI Teh Putri Komarudin dan Kepala Kesbangpol Purwakarta Pak Yus Djunaedi,” ucap Shandy.