Buya Said Aqil Siradj Hadiri Seminar Nasional Kiyai Desa PC ISNU Purwakarta

Seminar Nasional Kiyai Desa PC ISNU Purwakarta

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Musytasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Buya Said Aqil Siradj menghadiri Seminar Nasional “Ngobrol Pintar Sarjana Desa (Ngopi Sarasa)” Kiyai Desa : Peran Sosial dan Spiritual dalam Menghadapi Arus Isu Resesi Global yang digelar oleh Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabuapten Purwakarta di Bale Yudhistira, Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutannya Ketua PC ISNU Purwakarta, Ahmad Sya’roni mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Purwakarta, kepala desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo yang telah memberikan insentif guru ngaji.

“Data yang masuk di kami 16 kecamatan, dari 183 sudah ada 145 desa yang menganggarkan insentif guru ngaji. Total ada 4.936 guru ngaji yang mendapatkan insentif guru ngaji,” tuturnya.

Ketua PC NU Kabupaten Purwakarta, Kiyai Bahir Mukhlis mengatakan bahwa guru-guru ngaji nanti dapat berdaya dengan satu desa satu sarjana. Menurutnya ini adalah program-program Bupati yang sudah lama namun sekarang sudah bisa direalisasikan.

“Spesifik lagi agar guru ngaji lebih berdaya dan lebih kuat lagi, lebih energik lagi di lapangan,” paparnya.

Menurutnya selama ini guru ngaji memiliki peran sentral dalam membentengi generasi muda dari resesi moral. Dan sejauh ini kiprah guru ngaji sudah banyak, tapi perlu ada kekuatan legalitas di tingkat kabupaten.

“Seperti ada Perbup sehingga ada penguatan dari stakeholder yang punya kebijakan yaitu Bupati, maka energinya akan lebih kuat lagi dan semangatnya lebih kuat lagi,” papar Kiyai Bahir.

PC NU Purwakarta juga mendorong agar guru ngaji di desa dapat diberdayakan melalui peran penceramah dalam setiap peringatan hari besar Islam.

“Artinya kalau ada kegiatan itu manfaatkan dan berdayakan guru ngaji yang ada di lingkungan setempat jangan sampai dari luar jauh-jauh tapi di desa ada namun tidak diberdayakan atau kurang di perankan,” paparnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siroj, M.A. (Mustasyar PBNU), Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si. (Ketua PW ISNU Jabar), Ahmad Sya’roni, SH, (Ketua PC ISNU Kabupaten Purwakarta), Dr. KH. Abun Bunyamin, M.A (Rois syuriah PWNU Jawa Barat), Prof. Dr. Hj. Ulfiah M.Si. (Ketua PW ISNU Jabar), Dr. KH. Abun Bunyamin, M.A, (Rois syuriah PWNU Jawa Barat), Ahmad Sya’roni, SH (Ketua PC ISNU kabupaten Purwakarta), Drs. akhfaz fauzi, M.Ag (Rois syuriah PCNU Purwakarta), Drs. akhfaz fauzi, M.Ag (Rois syuriah PCNU Purwakarta), Drs Bahir Muklis M.Pd (Ketua PCNU Kabupaten Purwakarta), Rika Ristiawati ME, (Ketua Baznas Purwakarta).