Camat Purwakarta Sebut Seluruh Banguan di Tempat Ini Ilegal

Camat Purwakarta, Jawa Barat, Aan.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Camat Purwakarta, Jawa Barat, Aan menginformasikan jika seluruh bangunan atau tempat usaha di sepanjang Jalan Kolonel Rahmat wilayah Desa Citalang, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta tidak berizin alias ilegal.

“Wilayah itu masih zona hijau yang tidak boleh ada bangunan. Kalau ada bangunan itu pasti tidak berizin,” kata dia, Kamis (3/2/2022).

Sementara di lokasi itu saat ini sudah terdapat banyak bangunan permanen yang sebagian besar dijadikan tempat usaha. Saat ditanya kenapa dibiarkan, Aan mengaku tidak tahu. Namun pernyataannya ini membuat publik bertanya kenapa Pemda Purwakarta hingga saat ini tidak pernah melakukan penertiban atas tempat-tempat usaha ilegal di wilayah tersebut.

Baca Juga  Puluhan Pelajar SMK Terjaring Rajia Aparat Gabungan

“Seharusnya kalau mau (alihpungsi) wilayah itu sudah saatnya dilakukan perubahan zona,”tambah Aan.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, sudah terdapat puluhan tempat usaha berdiri, diantaranya rumah makan, bengkel, SPBU Mini, gedung olah raga dan lain-lain. Hampir seluruh bangunan yang berdiri di kawasan itu dibuat permanen.

Salah seorang warga Ciralang mengaku masyarakat merasa tidak bersalah mendirikan bangunan atau tempat usaha di wilayah tersebut. Alasannya sampai saat ini dari pihak pemerintah daerah atau pun dari kantor kecamatan tidak pernah melakukan sosialisasi jika tempat ini tidak boleh dijadikan tempat usaha ataupun didirikan bangunan.

Baca Juga  YLBH Sanggabuana: Bupati Karawang Bisa Mutasi Pejabat Meski Duduki Jabatan Kurang dari 2 Tahun

“Misalnya ada baligho ataupun papan pengumuman agar masyarakat tahu kalau tempat di wilayah ini tidak boleh didirikan banguan atau tempat usaha, setahu saya itu tidak ada. Kalau sekarang mau ada penertiban, jelas masyarakat akan protes. Sebelum dibongkar pemerintah ini bisa digugat oleh masyarakat. Seenaknya sekarang nyebut tempat usaha di sini ilegal,” kecam pria bertubuh tambun yang mengaku asli warga Purwakarta ini.

Baca Juga  Ade Suparman Kembali Pimpin Ciptagumati