KA Tiket Murah Jurusan Sukabumi – Cianjur, Diminati Penumpang

Foto :Kereta Api dengan tiket murah Rp 3000 KA Siliwangi jurusan Sukabumi Cianjur,banyak diminati masyarakat. Sumber, istimewa.

SUKABUMI, headlinejabar.com

Pascapengoperasian KA Siliwangi sebagai Angkutan Perintis Kereta Api Sukabumi-Cianjur, 19 Februari lalu, penumpang dari Sukabumi dengan tujuan Cianjur membludak. Apalagi tarif saat ini hanya Rp3000 dengan jarak tempuh 38,6 kilometer.

Kepala Stasiun Sukabumi Heru Salam mengatakan, setiap keberangkatan Stasiun Sukabumi mampu melayani sekitar 350 penumpang ke Cianjur. Dalam sehari, KA Siliwangi melayani tiga kali keberangkatan dengan rute yang sama.

Baca Juga  Karang Taruna Kecamatan Purwakarta Gelar Konsilidasi

“Sejak diresmikan 19 Februari lalu, penumpang kereta api tujuan Cianjur mebludak. Dari 408 tiket yang disediakan setiap perjalanan, lebih dari setengahnya terjual. Untuk mengangkut penumpang kami menggunakan empat gerbong kereta,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Bahkan setiap akhir pekan, lanjut Heru, orang yang ingin berangkat ke Cianjur melebihi jumlah tiket yang disediakan. Padahal menurutnya, pemesanan tiket tujuan Sukabumi-Cianjur ini tidak mennggunakan sistem booking.

“Jadi hari ini berangkat, hari ini penumpang baru bisa membeli tiket. Kami tidak menyediakan sistem pemesanan tiket. jadi tiga jam sebelum keberangkatannya tiket baru dibuka,” ucapnya.

Baca Juga  Dedi Mulyadi Tawarkan Solusi Revitalisasi TPI di Indramayu

Padahal, kata Heru sebelum diberlakukannya tarif baru ini, penumpang dari Sukabumi ke Cianjur itu sangat sedikit. Bahkan setiap kali keberangkatan kurang dari 10 penumpang yang menggunakan jasa kereta api. “Waktu tarif kereta api Rp10 ribu, hanya satu dua orang yang mau menggunakan jasa kereta api. Tapi sekarang sangat banyak,” ungkapnya.

Heru menambahkan, dengan melihat kondisi saat ini, potensi penumpang untuk membuka rute Sukabumi-Bandung sangat berpeluang besar. Apalagi sebelumnya PT KAI sempat berencana membuka rute tersebut dengan KA Kian Santang.

Baca Juga  Di Desa Benteng Purwakarta Perelek Diganti dengan Uang Rp500

“Dulu sempat ada rencana, namun ada longsor di rute Sukabumi- Bandung, sehingga rencana tersebut ditunda,” terangnya.

Penumpang KA Siliwangi Fitri Dwiputri Aryani, 18 mengatakan, dirinya lebih memilih menggunakan transportasi kereta api lantaran tarifnya sangat murah. Bahkan lebih murah dibanding menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Apalagi dengan kondisi jalan menuju Cianjur itu sering terjadi kemacetan. Khususnya di jam masuk dan keluar buruh pabrik.(rie)