Disnakan Pastikan Hewan Qurban di Purwakarta Bebas Penyakit

Foto: Disnakan Purwakarta saat Melakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Purwakarta menjamin hewan ternak yang beredar di purwakarta khususnya yang akan dijadikan hewan kurban bebas penyakit.

Hal itu dipertegas setelah pihaknya menggelar pemeriksaan hewan ternak, Senin (21/9) di Pasar Hewan Ciwareng Kecamatan Babakancikao, Purwakarta.

Seluruh hewan yang ada dilokasi pasar tersebut dipemeriksaan dari mulai mulut, kuku hingga seluruh badan.

“Sebenarnya dua minggu ke belakang kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan ternak yang di jual untuk kurban,” ujar Kabid Peternakan drh. Sri Wuryusturati saat melakukan pemeriksaan di pasar hewan Purwakarta.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya menurunkan sebanyak 70 petugas kesehatan hewan. Disamping itu, menurutnya, seluruh petugas tersebut nantinya akan disebar ke seluruh kecamatan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban lainnya.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan para Camat agar memberitahukan kepada kami tempat titik-titik hewan kurban yang akan di potong, nanti tim kami akan datang untuk memeriksa hewan yang belum di periksa oleh dinas peternakan,” tambahnya.

Ia menambahkan, Disnakan akan membuat posko pemeriksaan di kantor Dinas Peternakan, hal ini bertujuan bila ada masyarakat yang ingin memeriksakan kondisi kesehatan hewan kurban yang akan di potong.

“Kami juga menyiapkan laboraturium keliling untuk mengantisipasi hal-hal yang membutuhkan tindaklanjut,” tambahnya.

Kebutuhan hewan kurban sendiri untuk di wilayah Purwakarta bisa mencapai ribuan ekor baik sapi maupun domba.

“Kalau melihat data setiap tahunnya kurang lebih sekitar 60000 domba di potong untuk kurban, Sedangkan untuk Sapi sekitar 1000 ekor,” tutupnya.(ays)