DKP Kumpulkan 5 Ton Sampah Setiap Acara Hari Jadi

Foto: Petugas DKP Purwakarta saat membersihkan sampah usai pelaksanaan festival Hari Jadi Purwakarta

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Purwakarta, mendata terjadi kenaikan produktifitas sampah selama perayaan hari jadi kota dan kabupaten Purwakarta tahun ini.

Persekali acara, DKP mengangkut 30 kubik sampah, atau setara dengan berat 5 ton. Untuk mengangkut sampah selama satu malam, DKP menurunkan 4 mobil dibantu 1 truk pengangkut sampah.

“Untuk petugas kebersihan, kami menurunkan sekitar 40 orang. Dan ini efektif untun membersihkan jalanan selama kurang dari semalam,” ungkap Kabid Sampah DKP Purwakarta H Agus, Rabu (19/8) kemarin.

Kenaikan produktifitas sampah juga diprediksi akan semakin meningkat di dua minggu ini. Pasalnya, Pemkab Purwakarta akab menggelar even besar mulai dari Festival Purwakarta Gianyar dan Bazar Nusantara.

“Kalau produktifitas sampah saat Festival Purwakarta Gianyar diprediksi tidak akan terlalu banyak. Karena memakan tempat sedikit. Nah, volume besar pastinya saat Bazar Nasional yang dilaksanakan selama seminggu, minggu depan,” papar Agus.

Bahkan pihaknya akan menambah personil petugas kebersihan saat acara Bazaf Nasional. Yang sebelumnya berjumlag 40 orang, petugas ditambah 60 orang.

“Jadi jumlahnya 100 petugas kebersihan. Kami menjamin, saat perayaan hari jadi, di pagi hari jalanan kota akan kembali bersih,” pungkas Agus.(dzi)