Ini Cara Bupati Purwakarta Bantu Musibah Banjir di Bandung

Foto : Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengerahkan personel gabungan Damkar, tim SAR, serta Pasukan Tanggap Bencana membantu korban banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengerahkan personel gabungan Pemadam Kebakaran (Damkar), tim SAR, serta Pasukan Tanggap Bencana (Rescue Team) Kabupaten Purwakarta untuk ikut membantu korban banjir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Selain mengerahkan ‘pasukan’, Bupati Dedi turut mengajak para pegawai di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta untuk ikut aktif membantu menyisihkan logistik untuk para korban bencana banjir. Khususnya Dedi mengajak para pegawai untuk mengumpulkan ransum berupa mie instan, satu kilogram beras, dan ikan kaleng untuk dikumpulkan dan didistribusikan ke daerah-daerah yang terlanda banjir.

“Ini ajakan yang didasarkan pada rasa kemanusiaan. Kita bantu setidaknya bisa secara langsung mengurangi beban para korban terdampak banjir,” kata Dedi.

Dirinya pun telah mengimbau petugas gabungan Damkar, SAR, serta Pasukan Tanggap Bencana untuk segera turun ke lokasi terdampak bencana.

“Damkar berangkat hari ini, ada perahu karet dan puluhan pelampung untuk evakuasi. Nanti logistik akan didistribusikan secara bertahap, yang penting kita siapkan orang dulu untuk membantu disana,” kata Dedi.

Kepala Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta Yudi Herdiana menuturkan bahwa pasukan yang disiapkan sebanyak 25 personel. Nantinya, mereka akan dibantu oleh tim gabungan dari SAR dan Pasukan Tanggap Bencana (Rescue Team) Kabupaten Purwakarta.

“Warga di sana membutuhkan transportasi dan akses karena daerahnya digenangi air cukup tinggi. Kami juga akan siapkan sembilan perahu karet serta satu kendaraan Damkar untuk disiagakan di Dayeuhkolot untuk membantu evakuasi warga,” kata Yudi.(jem/dzi)