Istimewa, Desa Wanakerta Purwakarta Galakan Program Neonisasi

Foto : Ilustrasi lampu neon. Sumber, istimewa

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Aparat Desa Wanakerta Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menggalakan program neonisasi. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menerangi jalan lingkungan (Jaling) dan akses gang yang ada di sekitar desa tersebut.

Kepala Desa Wanakerta Somad Muhamad menjelaskan, selain menggalakan sistem keamanan keliling (Siskamling), neonisasi yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya untuk mencegah tindakan kejahatan dan memberi kenyamanan terhadap masyarakat di desanya.

“Program neonisasi kita memasang 150 tiang dan neon di sepanjang jaling dan gang-gang yang ada di Desa Wanakerta,” kata Somad Muhamad yang akrab disapa Dalbo ini, Jumat (11/3/2016).

Dia menjelaskan, program neonisasi yang dilaksanakan mulai berjalan dan dioperasikan pada awal bulan Maret 2016 sekarang. Program ini kata dia, sudah disosialisasikan di tiap RW dan RT yang ada di Desa Wanakerta. Selain melakukan pemasangan lampu neon ini, masyarakat wajib melakukan perawatan dari tangan-tangan jahil.

“Ini kan untuk kenyamanan masyarakat, jadi aparat dan masyarakat harus bersama-sama menjaga dan merawatnya,” ujar Dalbo.

Untuk anggaran yang digunakan dalam menjalankan program neonisasi ini sambung dia, yakni dengan menggunakan anggaran swadaya masyarakat yang akhir-akhir ini digalakan oleh Pemda Kabupaten Purwakarta yang dikenal dengan istilah perelek.

Dengan semangat kekompakan dan kebersamaan lanjut dia, program neonisasi bisa berjalan dan segera bisa dinikmati warga setempat. Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan dan kerjasama masyarakat, sehingga program neonisasi ini dapat berjalan.

“Kami merasa bangga dengan kekompakan aparat desa dan masyarakat yang telahmendukung program neonisasi ini. Mudah-mudahan saja program ini memberikan manfaat kepada masyarakat,” harap dia.

Sementara, Yayah Khoeriyah (35) salah seorang warga Desa Wanakerta mengaku sangat mengapresiasi program yang dilakukan apara desa.Dengan program ini, jaling dan gang-gang yang ada di desanya tidak lagi gelap.

“Kalau tanggapan saya ya baguslah program ini, sekarang jalan dan gang sudah sudah terang,” tutup dia.(jem/dzi)