Jasa Tirta II – Divisi Infanteri 1 Kostrad Gelar Karya Bhakti Kebersihan dan Penghijauan Sungai Cibuaya Karawang

Jasa Tirta II - Divisi Infanteri 1 Kostrad Gelar Karya Bhakti Kebersihan dan Penghijauan Sungai Cibuaya Karawang

KARAWANG, headlinejabar.com

Jasa Tirta II bersama Divisi Infanteri 1 Kostrad mengadakan karya bakti pembersihan dan penghijauan Sungai Cibuaya di Kabupaten Karawang pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Karya bakti diikuti oleh Panglima Divisi Infanteri I Kostrad Mayjen Boby Rinal Makmum beserta jajaran, Wakil Bupati Karawang Aep Syaefulloh, Manajer Operasi dan Usaha Unit Wilayah II Jasa Tirta II Zainal Mustofa beserta tim.

Giat karya bakti dimulai dengan membersihkan Saluran Sekunder Kertalaya (Ruas B.Kya.5 s.d 7) yang berada di Desa Cibuaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, yang merupakan wilayah kerja Seksi Rengasdengklok Unit Wilayah II Jasa Tirta II.

Baca Juga  PDAM Kota Depok Targetkan 12500 Pelanggan Baru

Sekitar 200 orang dari unsur Divisi Infanteri 1 Kostrad, Manajer Operasi dan 400 orang dari Jasa Tirta II, Pemerintah Daerah dan masyarakat Desa Cibuaya bergotong royong mengangkat sampah dan gulma-gulma yang ada di saluran, melakukan galian lumpur.

Saluran Sekunder Kertalaya memiliki panjang 1,8 km dengan fungsi mengairi irigasi 5000 ha (dari total areal SS. Kertalaya ±12.600 ha). Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon
di sekitar Saluran sebagai upaya penghijauan dan kelestarian sungai.

Baca Juga  Pokja Pengelolaan SDA dan Pariwisata Satgas Citarum Harum Kebut Tiga Program Tahun Ini

Manajer Operasi dan Usaha Unit Wilayah II Jasa Tirta II Zainal Mustofa mengatakan Jasa Tirta II mendukung penuh kegiatan kepedulian lingkungan sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sumber-sumber air.

“Kegiatan karya bakti pembersihan dan penghijauan Sungai Cibuaya bagus untuk membentuk kesadaran bersama semua unsur akan pentingnya menjaga kebersihan Sungai,”ucap Zainal Mustofa.

Baca Juga  Muri Catat Rekor Penyaji Tumpeng Awug Terbanyak di Purwakarta

Masyarakat tidak boleh mengotori sungai apalagi membuang sampah di sungai, karena sungai merupakan sumber air yang memiliki peranan penting untuk kehidupan manusia.

Dengan menjaga kebersihan sumber-sumber air, kita juga berkontribusi menjaga kesinambungan air untuk masa depan agar air terus hadir bagi kehidupan manusia.