Kadin: Perekonomian dan Industri Purwakarta Kian Membaik

Foto : Ketua Kadin Purwakarta Ir Muhammad Abdul Latief.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Purwakarta menyebut jika kondisi iklim perekonomian dan industri di Purwakarta kian membaik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya daya beli masyarakat, pertumbuhan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan industri rumahan.

Di samping aktivitas lebih kurang 500 perusahaan yang membuka lahan usaha dan intens menyerap tenaga kerja di Purwakarta. Ditambah dengan ketersediaan sembako dari tahun ke tahun kerap mengalami surplus, khususnya padi.

“Tentu hal ini dipengaruhi oleh kondisi perekonomian secara nasional. Namun, warga Purwakarta patut bersyukur karena bertengger di posisi yang aman,” kata Ketua Kadin Purwakarta Ir Muhammad Abdul Latief, Kamis (31/8/2017).

Pembangunan wisata yang gencar dilakukan oleh pihak pemerintah kabupaten, dinilai Mamat, merangsang tumbuhnya sektor ekonomi-ekonomi kecil. Hal ini baik, karena daya beli masyarakat golongan menengah ke bawah cukup besar di Purwakarta.

“Tinggal bagaimana mengedukasi masyarakat di wilayah pelayanan ekonomi wisata. Semisal cara mengemas makanan, hidangan dan tempat-tempat wisata yang memiliki potensi bisnis,” tutur Mamat.

Sebagai pelengkap, perkembangan pembangunan pusat hunian mulai perumahan ber-DP ringan bisa menjadi tenaga tambahan untuk mendorong industri Purwakarta ke arah yang lebih baik.

“Tinggal bagaimana tim pengendali inflasi daerah mengawasi dan merancang solusi bila mana kenaikan harga terjadi,” tutup dia.

EDITOR : DICKY ZULKIFLY