Ratusan Jamaah Haji Purwakarta Siap Diberangkatkan

Foto: Ist
 
PURWAKARTA, Spirit
Sedikitnya 603 calon jamaah haji asal Purwakarta akan berangkat ke tanah suci. Pemberangkatan dilakukan di Lapangan Armed Sadang menuju Embarkasi pemberangkatan di Asrama Haji Bekasi. Selama di Embarkasi calon jamaah diperiksa ulang kesehatannya sebagai syarat bisa berziarah ke tanah suci.
 
Kepala Kemenag Purwakarta melalui Kasi Haji dan Umrah, Hasanudin mengatakan seluruh jamaah akan diantarkan menggunakan bus dan mendapatkan perlengkapan yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. 
 
“Sudah antar jemput dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan sebelumnya,” tutur Hasanudin, Kamis (20/8) di Purwakarta.
 
Secara terpisah Sekretaris Dinas Kesehatan Purwakarta, Didi Suardi mengatakan sampai saat ini seluruh calon jamaah haji sudah mendapatkan pemeriksaan dari Dinas Kesehatan yang dilakukan di setiap Puskemas domisili calon jamaah haji. Seluruhnya mendapatkan pemeriksaan termasuk mendapat suntikan vaksin sebelum berangkat.
 
Selain mendapat vaksin calon jamaah haji sendiri bisa memilih apakah melanjutkan untuk mendapatkan vaksin influenza namun sifatnya bayar. Vaksin influenza ini berbayar lantaran terbatas dan dilakukan oleh petugas Provinsi.
 
“Kalau mau vaksin influneza ada cuman bayar karena itu bukan kita yang mengelola,” terangnya.
Dari pemeriksaan calon jamaah haji, Dinkes sendiri mendapati seorang calon jamaah haji sedang hamil muda. Dan Dinkes memastikan calon jamaah tersebut tidak bisa berangkat karena ibu hamil tidak boleh divaksin meningitis.
 
“Kemungkinan seorang yang tidak bisa berangkat karena hamil muda,” pungkasnya.(ays)