Jabar  

Rupanya, Butuh Waktu 3 Bulan untuk Jadi Rescue

DEPOK, headlinejabar.com

Badan Sar Nasional (Basarnas) bersama dengan Ormas Pribadi Manusia Seutuhnya (Primas) melakukan pengaderan dengan merekrut anak muda untuk dilakukan kaderisasi dalam membantu tugas-tugas Basarnas dalam proses evakuasi dan penyelamatan di lokasi rawan bencana di Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu(26/3/2016).

Sebelum terjun ke lapangan anak-anak muda yang dikaderisasi dilakukan pembinaan terlebih dahulu baik fisik maupun mental,agar nantinya siap dalam melakukan proses penyelamatan terutama di dalam air (water rescue).

Baca Juga  Impian Mak Uun Bertamu Ambu Anne Terwujud

Ketua dari Ormas Primas Faizin mengungkapkan bahwa acara diklat bersama Barsanas yang di gelar di Sawangan Golf bertujuan untuk melakukan kaderisasi terhadap anak-anak muda untuk menjadi tim rescue. “Kita hanya melakukan pengaderan saja dari seluruh wilayah baik itu Jakarta, Jawa Tengah, Lampung,” jelas Faizin.

Pihaknya menambahkan bahwa Primas selalu menjadi mitra dari Basarnas untuk memback-up segala aktifitas Basarnas. “Kita sudah tiga tahun bermitra dengan Basarnas dan kita selalu diminta untuk memback-up personil pada saat penangan evakuasi banjir,” ujarnya.

Baca Juga  Dedi Mulyadi Kirim Tenaga Medis Bantu Yayasan Orang Gila di Tasikmalaya

Untuk dapat terjun kelapangan Faizin mengungkapkan bahwa minimal membutuhkan waktu sedikitnya tiga bulan bagi para rescue untuk siap bergabung dengan tim Basarnas.

“Di butuhkan waktu dan pelatihan yang intens bagi para pemula agar dapat menjadi rescue penguasaan materi baik di darat maupun di air itu wajib dikuasain karena medan yang nantinya dihadapi pasti berbeda dengan apa yang didapat di pelatihan oleh sebab itu perlu pendampingan dan pelatihan yang serius,” tutupnya.(yog/dzi)

Baca Juga  Urai Macet Polantas Depok Kerahkan 160 Personil