10 Perusahaan di Sukabumi Gabung P2A

Foto : KPA libatkan 10 perusahaan ke dalam Koumunitas Pekerja Peduli Aids (P2A).

SUKABUMI, headlinejabar.com

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi Jawabarat, melibatkan 10 perusahaan untuk bergabung ke dalam komunitas Pekerja Peduli AIDS (P2A) Sukabumi.

Ketua P2A Kabupaten Sukabumi Heru Purnomo mengatakan, sejumlah perusahaan yang tergabung diantaranya PT Kino, PT Aqua, Chevron Geothermal Salak, PT SCG, Grup Tiga Dara dan PT Pratama. “Sejumlah perusahaan tersebut telah bergabung dengan P2A sejak dua tahun terakhir,” ujarnya, sabtu (13/2/2016).

Heru mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan P2A ini adalah menggalakan tes HIV atau Voluntary Counseling and Testing (VCT) kepada para pekerja. Meskipun masih sedikit karyawan dari sejumlah perusahaan yang berani melakukan VCT. “Dari ribuaan pekerja, baru sebagian orang yang berani melakukan VCT. Namun dengan beriringnya waktu pasti banyak yang akan melakukan VCT,” ucapnya.

Akan tetapi ia berharap, keberadaaan P2A ini bisa membantu penanganan dan pencegahaan penyebaran HIV/AIDS di kalangan pekerja. Apalagi jumlah pekerja yang berada di perusahaan di Kabupaten Sukabumi mencapai ribuan orang. “Selain itu paling penting para pekerja yang tergabung dalam P2A ini mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman mengatakan, di Kabupaten Sukabumi banyak wadah relawan yang membantu upaya penanganan dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS. ” Selain P2A ini, ada juga organissasi lain seperti media peduli AIDS, ustad peduli AIDS dan pelajar peduli AIDS,” paparnya

Asep mengatakan , keterlibatan pekerja dan perusahaan ini semakin membantu KPA dalam menangani permasalahan di Kabupaten Sukabumi. “Semakin banyak relawan, semakin baik dalam melakukan sosialisasi tentang pencegahan HIV/AIDS,” pungkasnya. (rir)