Anak yang Kecanduan Aroma Bensin di Purwakarta Sudah Dibawa Berobat ke Rumah Sakit

Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Purwakarta Yandi Nuhadian saat membawa IG berobat di RSUD Bayu Asih.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

IG anak 12 tahun yang mengalami ketergantungan menghirup aroma bensin, sudah dibawa berobat ke rumah sakit pada Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin.

IG yang diketahui berasal dari Kecamatan Babakancikao, Purwakarta itu, dibawa berobat ke RSUD Bayu Asih oleh pihak Dinas Kesehatan setempat.

Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Purwakarta Yandi Nuhadian mengatakan, IG langsung menjalani pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan di RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Baca Juga  Sentra Vaksinasi si Jalak Harupat Capai Target Sasaran

“Sudah kita bawa ke RSUD Bayu Asih Purwakarta untuk menjalani pemeriksaan dengan dokter spesialis kejiwaan,” kata Yandi, Rabu 2 Agustus 2023.

Dari hasil pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan, ada dua poin penting untuk kesembuhan IG.

Pertama, pasien IG dengan kondisi sekarang harus segera dirujuk dan menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Jiwa Cisarua.

“Ini sebagai ikhtiar kami pemerintah daerah dengan aparat desa dan DPRD, nanti akan kita sampaikan kepada orang tua IG, mudah-mudahan pasien IG ini bisa kita bawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk menjalani rehabilitasi,” ujar Yandi.

Baca Juga  Uu Ruzhanul Tinjau Sentra Vaksinasi BPBD Jabar di Karawang dan Bekasi

Hal penting yang kedua, kata Yandi, IG bisa kecanduan aroma bensin berawal dari pembiasaan dan dibiarkan dengan jangka waktu yang lama akhirnya efeknya seperti ini.

“Harapan kita terhadap orang tua IG, dan para orang tua yang ada di Purwakarta harus bisa memilah mana itu kebiasaan yang baik dan mana itu kebiasaan yang buruk bagi anak-anak,” ucap Yandi.

Baca Juga  Covid-19 Purwakarta: Positif 0, OTG, ODP, PDP Gak Nambah

Sebelumnya, Acah Wiharsi (45) orang tua IG, sudah memasrahkan proses rehabilitasi anaknya hingga sembuh kepada pihak pemerintah daerah.