Para Pedagang Pasar Tradisional di Purwakarta Mulai Divaksinasi Covid-19

Para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mulai disuntik vaksin Covid-19/headlinejabar-Diky Julkifli

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mulai disuntik vaksin Covid-19. Vakasinasi untuk kelompok ini, ditarget menyasar ribuan pedagang. Program ini dilakukan seiring dengan kebijakan pelonggaran aktivitas perdagangan pada penerapan PPKM Level 4.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, Pemkab Purwakarta tengah melakukan upaya-upaya penanganan pandemi dengan menyasar ribuan pedagang pasar di sejumlah wilayah untuk divaksinasi Covid-19.

“Hari ini, bertempat di GOR Purnawarman, Pemkab Purwakarta menggelar vaksinasi Covid-19 dengan sasaran 500 pedagang yang berasal dari Pasar Rebo, Pasar Simpang dan Pasar Leuwipanjang,” kata Anne, Selasa (27/7/2021).

Vaksinasi Covid-19 ini masih merupakan program dari Kodam III Siliwangi yang disalurkan melalui Korem 063 Sunan Gunung Jati dan Kodim 0619 Purwakarta.

“Vaksinnya ini difasilitasi oleh Kodam III Siliwangi melalui Korem 063 dan Kodim 0619 Purwakarta. Karena vaksin yang kita terima dari Dinkes Provinsi Jawa Barat ini masih terbatas, jadi kami sangat berterima kasih kepada jajaran TNI dan Polri,” ucap Anne.

Menurutnya, pada program vaksinasi kali ini menarget sebanyak 2.000 pedagang pasar yang tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Hari ini, kami menargetkan sekitar 1.500 pedagang untuk divaksin. Selain ketiga pasar di wilayah perkotaan dengan target 500 pedagang, kami juga menyasar para pedagang di Pasar Citeko dan Pasar Bojong dengan tempat vaksinasi yang berbeda. Besok kita agendakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Wanasaya dan masyarakat sekitarnya,” kata Anne.

Pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 para pedagang pasar tersebut nampak hadir Danrem 063 Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga.

Kolonel Elkines mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang disalurkan dari TNI maupun Polri merupakan upaya membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Purwakarta.

“Jadi sesuai dengan program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi agar cara seperti vaksin yang disasar kepada pedagang pasar merupakan bentuk upaya pelaksanaan vaksin kepada masyarakat,” kata Danrem.

Sebelumnya, bertempat di Makodim 0619 Purwakarta di Jalan KK Singawinata, Bupati Purwakarta bersama jajaran TNI dan Polri juga melakukan launching bantuan sosial beras yang diberikan oleh Kodam III Siliwangi melalui Kodim 0619 Purwakarta dengan jumlah paket beras sebanyak 2.150 paket.

Setiap paket yang berisi 5 kilogram beras itu diserahkan pada 7 Koramil di wilayah Kabupaten Purwakarta yang akan disebar menggunakan 51 kendaraan sepeda motor TNI-Polri. Penyerahan paket secara simbolis dilakukan oleh Danrem 063 Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga.

Wawan Wiryawan (45) salah seorang pedagang Pasar Rebo Purwakarta berterima kasih karena sudah dibantu dalam hal vaksinasi Covid-19. Dirinya bersama pedagang lain yang ikut vaksinasi, merasa aman manakala melakukan aktivitas pergangan dengan protokol kesehatan dan panduan PPKM Level 4 tentunya.

“Kami merasa terbantu. Terima kasih kepada pihak TNI dan Pemkab Purwakarta karena sudah menaruh perhatian lebih kepada kami selaku pedagang pasar tradisional. Selain itu kami mengharapkan PPKM Level 4 bisa lebih humanis kepada para pedagang. Insha Allah kami akan taat kepada panduan-panduan yang ada,” kata Wawan.(dik)