Percepat Target, Polres Purwakarta Lakukan Vaksinasi Door to Door

Pelaksanaan Vaksinasi Door to Door di Kecamatan Bungursari, Sabtu (11/12/2021)/headlinejabar-Diky Julkifli.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Guna membantu program pemerintah dalam hal percepatan program vaksinasi, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Jawa Barat, melakukan vaksinasi masyarakat dan kelompok lanjut usia (lansia) secara door to door.

Hal ini dilakukan guna membentuk kekebalan tubuh kelompok (herd immunity) masyarakat, sehingga rantai penyebaran dan infeksi Covid-19 bisa diputus sedini mungkin.

Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, meski berada di tanggal merah layanan vaksinasi baik di Polsek ataupun secara door to door tetap berlangsung menyasar kalangan masyarakat dan lansia di wilayah hukum Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga  Pemkab Purwakarta Pastikan Pelayanan KB di Zona Industri

“Meskipun hari libur seperti Sabtu dan Minggu, vaksinasi tetap berjalan. Ini dilakukan guna mengejar target cakupan vaksin di wilayah Kabupaten Purwakarta,” kata AKBP Suhardi, saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Door to Door di Kecamatan Bungursari, Sabtu (11/12/2021).

Kapolres mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, mengubah perilaku kehidupan sehari-hari tetap selaras dengan panduan adaptasi kebiasaan baru termasuk panduan PPKM.

“Tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak,” katanya.

Baca Juga  Jangan Anggap Sepele Gejala dan Serangan Stroke

Menurut Kapolres, itu salah satu cara yang paling tepat dilakukan, guna memutus mata rantai dan mencegah penyebaran Covid-19. Dan jangan lupa ikut vaksinasi.

“Jangan lupa ikut vaksinasi. Apalagi saat ini kita akan memasuki suasana natal dan tahun baru, harus tetap waspada terhadap semua kemungkinan buruk penularan Covid-19,” ujarnya.

Program vaksinasi Polres Purwakarta tetap berjalan seminggu penuh guna memudahkan masyarakat yang hendak divaksin baik dosis pertama maupun kedua. Polres Purwakarta selalu menyiagakan tim vaksinator kapanpun.

“Kami terus menyasar masyarakat Purwakarta maupun masyarakat pendatang yang berdomisili di Kabupaten Purwakarta. Vaksinasi ini terus kita laksanakan sampai semuanya selesai,” ujar AKBP Suhardi.

Baca Juga  Warga Purwakarta Wajib Pakai Masker

Salah satu warga Bungursari, Bagus Yadi (35) berterima kasih kepada Polres Purwakarta karena selalu ada untuk masyarakat yang hendak divaksin. Bagus yang merupakan seorang wiraswasta merasa terbantu dengan program vaksinasi tersebut.

“Iya apalagi ada progran vaksinasi door to door. Ini jelas akan memudahkan masyarakat. Saya berharap seluruh warga Purwakarta bisa divaksin. Dan pandemi ini bisa berakhir, dunia kembali pulih,” katanya.(dik)