PMI Pengabdian Lintas Batas

JAKARTAheadlinejabar.com

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2017–2022 di Aula PMI DKI Jakarta,Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan bahwa tugas PMI bersifat pengabdian dan lintas batas.

“Mengabdi dengan tulus ikhlas tanpa batas. Itulah makna dari kepalangmerahan hari ini dan pada masa mendatang,” ujar Wapres JK, Kamis (11/5/2017).

Meski kiprah PMI di Jakarta yang berpenduduk sekitar 10 juta sangat dibutuhkan, terlebih saat terjadi bencana, Wapres berpesan agar PMI DKI Jakarta turut berperan dalam penanganan musibah dan bencana di daerah lain.

“Seluruh relawan di Jakarta harus selalu siap membantu di wilayahnya dan juga di tempat-tempat lain di manapun di Indonesia ini agar fungsi PMI untuk kemanusiaan dapat berjalan dengan baik, tanpa membeda-bedakan agama, bangsa, suku dan sebagainya,” tegasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Wapres, PMI juga diharapkan dapat berperan juga dalam misi kemanusiaan internasional.

“Kita menjalankan dengan sebaik-baiknya, apakah (itu) di Filipina, di Myanmar, dan juga di tempat-tempat lain, seperti di Pakistan,” ujar Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres melantik pengurus baru PMI DKI Jakarta hasil Musyawarah Provinsi ke-11 tanggal 11 April 2017 yang menghasilkan Muhammad Ali Reza sebagai ketua yang baru menggantikan Rini Sutiyoso.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden Bambang Widianto, dan Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Syahrul Udjud.

REPORTER : YUSUF STEFANUS

EDITOR       : DICKY ZULKIFLY