Ribuan Santri Purwakarta Disuntik Vaksin Sinovac

Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, menggelar program vaksinasi santri terpusat di Ponpes Al-Hikamussalafiyah, Cipulus, Wanayasa, Senin (23/8/2021). Dalam vaksinasi ini, ribuan santri berhasil disuntik vaksin sinovac/headlinejabar-Diky Julkifli.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada ribuan santri se-Kabupaten Purwakarta terpusat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikamussalafiyah, Cipulus, Wanayasa, Senin (23/8/2021).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, vaksin yang disuntikkan kepada ribuan santri tersebut berjenis vaksin sinovac yang dapat diberikan kepada penerima berusia 12 tahun ke atas.

“Hari ini saya bersama Forkopimda hadir menyaksikan vaksinasi santri yang dipusatkan di Ponpes Al-Hikamussalafiyah. Alhamdulillah vaksinasinya berjalan lancar,” ujar Anne.

Meski vaksinasi ribuan santri ini terpusat, tidak terjadi antrean panjang yang menyebabkan kerumunan. Mekanisme vaksinasi menggunakan banyak meja skrining yang mana secara otomatis mengurai antrean.

“Vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang meliputi pendaftaran hingga skrining. Meja skriningnya juga banyak, karena kita mendapat bantuan dari Polres Purwakarta, saya cek kurang lebih ada 14 meja skrining, kemudian juga ada 4 meja vaksinator, jadi prosesnya cepat,” ujar Anne.

Pemkab Purwakarta menargetkan seluruh santri yang ada di wilayah ini dapat disuntik vaksin Covid-19. Diketahui berdasarkan data KCPN, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta baru mencapai 19 persen.

Meski begitu, kata Anne, pihaknya terus mengupayakan Kabupaten Purwakarta mendapatkan banyak pasokan vaksin dari pemerintah pusat.

“Hari ini pelaksanaannya seribu vaksin, karena memang droping dari pusat untuk vaksin di Purwakarta terbatas. Dengan rampungnya vaksinasi untuk santri, kami yakin data cakupan vaksinasi Covid-19 di Purwakarta akan terus meningkat,” kata Bupati Anne.

Muhammad Fajar Faturrahman (16) salah seorang santri yang mengikuti vaksinasi, mengucapkan terima kasih karena ada program vaksinasi khusus santri. Program vaksinasi ini, kata Fajar, membantu proteksi dini kalangan santri dari infeksi Covid-19.

“Alhamdulillah vaksinasinya gratis. Program ini bisa menghapus kecemasan kami selaku santri yang merupakan kelompok rentan terpapar Covid-19. Mudah-mudahan seluruh santri di Purwakarta bisa secepatnya disuntik vaksin Covid-19,” ujarnya.(dik)