Sebaran Covid-19 Pasca Pilkades Serentak di Purwakarta Dalam Monitoring

Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat/headlinejabar-Diky Julkifli.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus memonitor sebaran Covid-19 pasca pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021.

“Kami terus memantau perkembangan dan sebaran Covid-19, sampai dengan 14 hari kedepan pasca Pilkades 16 Oktober 2021 lalu. Nanti kita lihat endingnya hingga akhir Oktober. Sejak tanggal 11 September 2021 lalu, Alhamdulillah Purwakarta masih nol kematian akibat Covid-19,” kata Ketua Satgas Covid-19 Purwakarta Anne Ratna Mustika, Selasa (19/10/2021)

Pelaksanaan tahapan pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara, sidang pleno penghitungan suara hingga pelantikan terpantau lancar dan kondusif. Semua tahapan tersebut digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Namun demikian, Pemkab Purwakarta melalui jajaran Satgas Covid-19 di semua tingkatan tidak lantas berpangku tangan, Satgas yang dipimpin oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika itu terus mengintensifkan program vaksinasi Covid-19 hingga mencapai target sasaran 70 persen penduduk Kabupaten Purwakarta.

“Hari ini targetnya sudah mencapai 54,55 persen. Mari kita bersama-sama berupaya dan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Sementara, berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ambu Anne mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini peringatam Maulid berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena harus menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan para panitia peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya diperingati dengan memperbanyak shalawat serta saling mengingatkan anta rsesama umat muslim. Bentuk ucapan Maulid ini bisa berupa kalimat yang menenangkan hati, berisi untaian do’a kebaikan, atau penggalan arti surat-surat Al-Qur’an dengan makna memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW,” ujar Anne.

Terpisah, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, pasca pencoblosan Pilkades serentak yang dilaksanakan di Purwakarta mulai dari tahapan kampanye sampai dengan pelantikan kepala desa terpilih. Kondisi penyebaran Covid-19 di Purwakarta angkanya cenderung menurun.

“Hari ini, jumlah warga yang terkonfirmasi postif hanya 17 orang. Sedangkan tingkat kematian sejak 11 September 2021 lalu angkanya nol. Hari ini, Kabupaten Purwakarta masih berada dalam kondisi PPKM Level 3,” kata Wahyu Wibisono.(dik)