Siloam Hadirkan 6 Alat Hemodialisa Tercanggih

Hemodialisa merupakan fasilitas teranyar Siloam Hospitals Purwakarta yang menawarkan tempat nyaman dan kualitas prima.

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Siloam Hospitals Purwakarta menghadirkan layanan hemodialisa atau cuci darah sejak awal Agustus kemarin. Tak tanggung-tanggung, rumah sakit swasta terbesar di Purwakarta yang berlokasi di Jl. Jalan Raya Bungursari No.1 tersebut menghadirkan enam unit mesin sekaligus.

 

Direktur Siloam Hospitals Purwakarta dr Irwan Gandana, MARS melalui Kepala Divisi Pelayanan dan Penunjang Medik dr Libra Soetomo, MM mengatakan, hemodialisa merupakan fasilitas teranyar Siloam Hospitals Purwakarta yang menawarkan tempat nyaman dan kualitas prima.

“Cuci darah atau dialysis adalah suatu proses pencucian darah untuk membersihkan tubuh dan zat-zat limbah yang berbahaya yang terdapat dalam aliran darah. Ketika seseorang mengalami disfungsi ginjal maka diperlukan suatu cara agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari limbah metabolisme yang berbahaya,” kata Libra.

Baca Juga  SPV Sumbang Ribuan APD untuk Pemda Purwakarta

Adapun cara yang saat ini bisa dilakukan, sambung dia, adalah melalui dialysis dengan menggunakan alat bantu atau mesin.

“Siloam memiliki enam unit mesin hemodialisa merk B│Braun yang merupakan produk Jerman dengan teknologi modern. Di Purwakarta kami klaim mesin kami yang terbaik,” ujarnya.

Libra menambahkan, keenam mesin tadi berada di ruangan khusus full AC yang nyaman dengan fasilitas yang memadai.

“Setiap mesin hemodialisa dilengkapi dengan tempat tidur atau sofa, sesuai dengan kondisi klinis pasien dan kenyamanan pasien. Selain itu, kami menyediakan fasilitas hiburan televisi agar pasien semakin rileks selama proses cuci darah yang rata-rata memakan waktu 4,5 jam,” katanya.

Baca Juga  Covid-19 Purwakarta: 3 Meninggal, 9 Sembuh

Terkait tenaga ahli, Libra menjamin Siloam memiliki dokter ahli dan perawat terlatih.

“Kami memilikiDokter Sub-Spesialis Ginjal Hipertensi sebagai konsultan Hemodialisa, Dokter Spesialis Penyakit Dalam sebagai Penanggungjawab Departemen Hemodialisa dan ditunjang seorang Dokter Umumsebagai Penanggungjawab Ruangan. Mereka jugadibantu lima orang perawat terlatih dan berkompeten di bidangnya,” ujar Libra menambahkan.

Dengan enam mesin tersebut, dalam satu hari Siloam dapat menangani 12 pasien cuci darah. “Jadwal operasional cuci darah setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00 sampai dengan 20.00, di mana setiap mesinnya dibatasi hanya beroperasi dua kali dalam sehari untuk pasien yang telah terjadwal,” katanya.

Tetapi, sambung Libra, apabila ada pasien lain yang tidak terjadwal dan membutuhkan cuci darah, maka bisa dilakukan di luar jadwal tersebut. “Saat ini, Siloam melayani pasien dengan penjamin umum, asuransi dan perusahaan, serta peserta BPJS Kesehatan setelah ada persetujuan dari Kantor BPJS Cabang Karawang,” ujarnya.

Baca Juga  Pastikan Rumah Sakit Aman, Siloam Hospitals Wujudkan Protokol Covid-19

Salah seorang pasien cuci darah, Herman Hidayat (40) warga Perumahan Bumi Cikampek Baru, merasa terbantu dengan hadirnya fasilitas hemodialisa di Siloam Hospitals Purwakarta.

“Sudah setahun ini saya diharuskan cuci darah. Dalam seminggu saya melakukannya dua kali. Sebelumnya saya harus ke Siloam Hospitals Cikarang dengan waktu tempuh hingga 1,5 jam,” katanya.

Kini Herman tak perlu lagi jauh-jauh ke Cikarang setelah Siloam Hospitals Purwakarta menghadirkan fasilitas hemodialisa dengan layanan terbaiknya.

“Sekarang dengan waktu tempuh 15 menit sudah sampai. Pelayanannya pun sama baiknya dengan yang di Cikarang. Namun dari ruangan dan kenyamanan, yang Siloam Purwakarta lebih baik ya,” ucapnya.(drs/dzi)