Ingin Naik Kereta Cepat, Warga Purwakarta Harus Pergi ke Karawang dan Cikalongwetan

Foto : Ilustrasi (net) gambaran miniatur kereta cepat milik PT Kereta Cepat Indonesia China rute Jakarta Bandung yang akan mulai dibangun pertengahan 21 Januari 2016 mendatang

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Dipastikan saat beroperasi kereta cepat milik PT Kereta Cepat Indonesia China tidak akan berhenti di Kabupaten Purwakarta. Megaproyek kereta cepat ini mulai dilaksanakan pengerjaannya pada 21 Januari 2016 mendatang.

Baca Juga  Yonzipur-8/Smg Serahkan Bantuan Makanan Bagi Masyarakat Desa Lolu

Kereta cepat memiliki stasiun pemberangkatan dan pemberhentian di Halimperdana Kusumah Jakarta dan Stasiun Gede Bage Kota Bandung. Saat beroperasi kereta cepat tersebut hanya memiliki dua tempat pemberhentian masing-masing di Karawang dan di Walini Cikalongwetan.

Kendati hanya dilewati, warga Purwakarta yang ingin menikmati jasa kereta cepat harus pergi ke luar kota. Namun demikian, warga Purwakarta tetap bisa menikmati pemandangan kereta cepat yang beroperasi tepat di samping ruas Tol Cipularang wilayah KM Babakancikao, Jatiluhur dan Sukatani.

Baca Juga  JK Berharap Green Economy yang Sustainable

“Purwakarta hanya dilintasi. Jadi, masyarakat yang ingin mencoba moda transfortasi cepat ini harus berangkat ke Karawang atau ke Walini,” jelas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Purwakarta Ir H Tri Hartono MM.

Kereta ini diyakini memiliki kecepatan tinggi. Dalam perhitungan operasional normal, kereta ini dapt melaju dengan kecepatan 350 Km perjam. Saat dipacu maksimal, kereta cepat dapat melaju di atas 400 Km perjam.

Baca Juga  Ke Ambon, Presiden Bagikan PMT, PKH dan KIS

“Kereta cepat memiliki jalur rel beriringan, secara perhitungan ekonomis cukup menguntungkan. Karena jarak 140 Km antara Jakarta Bandung, hanya memakan waktu tempuh sekitar 27 menit,” ungkap Tri.(dzi)