Kandang Berikut 5000 Ekor Ayam Ludes Terbakar di Ciseke

Beginilah Pemandangan Api saat Melahap Kandang Beserta 5000 Ekor Ayam Pagi Tadi di Ciseke

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com Sebilah bidang kandang ternak yang berlokasi di Kampung Ciseke Desa Cibebeur Kecamatan Kiarapedes yang berisi 5000 ekor ayam ternakĀ  berikut fasilitas ternak ludes terbakar Rabu (9/9/2015) pukul 04:30 Wib pagi.

Kebakaran terjadi diduga berasal dari mesin pemanas berbahan batu bara membakar kandang yang terbuat dari jerami dan kayu akibat sang penjaga Saeful (30) justru tertidur ketika mesin pemanas ayam menyala.

Kepala Desa Cibebeur Anwar Sadat saat dikonfirmasi tekait kejadian menjelaskan, diduga kebakaran akibat kelalaian sang penjaga yang tertidur.

“Kalau dari pengakuan penjaga sih, dia tidur digudang tak jauh dari lokasi kandang, padahal mesin pemanas ayam menyala,” ujarnya.

Mesin pemanas ayam (mesin boiler) berbahan Batubara itu sendiri diketahui sebagai mesin guna menjaga suhu dalam posisi hangat menjaga agar ayam ayam tak mati kedinginan dimalam hari, menurut Anwar seharusnya, penjaga kandang tetap berjaga melihat suhu panas yang dihasilkan mesin Boiler.

“Pungsinya penjaga ya menjaga stabilitas suhu panas yang dihasilkan dari mesin boiler, dimana dengan bahan batubara sendiri panas mesin sangat tak stabil,”lanjutnya.

Ditanya dilokasi kejadian, Saeful (30) penjaga kandang mengakui, saat kejadian dirinya memang tertidur. “Ya saya tertidur, saya kelelahan,” ungkapnya.

Dari kejadian kebakaran tersebut ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hingga berita ini ditulis, pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan api setelah sebelumnya warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.(jem)