Polda Metro Jaya Siap Amankan Laga Final Persib Bandung Vs Sriwijaya FC

Ist. Laga pertandingan Persib Bandung mrlawan Sriwijaya FC. Dua club raksasa ini bertemu pada laga final Piala Presiden

JAKARTA, HeadlineJabar.com
Jelang laga final Persib Bandung vs Sriwijaya FC, Kepolisian Daerah Metro Jaya menegaskan kesiapan mereka terkait pengamanan bila mana laga big match tersebut berlangsung di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Pengamanan dilakukan bukan hanya pengamanan di lokasi pertandingan, melainkan juga di akses jalan yang ditengarai berpotensi menimbulkan bentrokan.

Sampai saat ini memang lokasi gelaran final Piala Presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC belum jelas. Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi pilihan utama digelarnya partai puncak tersebut dengan Stadion I Wayan Dipta jadi opsi kedua.

Mengingat rivalitas yang ada antara Persib dengan Persija selama ini, pemilihan lokasi final Piala Presiden di Jakarta menjadi hal tidak mudah diputuskan begitu saja.

Sejauh ini belum ada izin bertanding yang dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya namun Polda Metro Jaya mengaku siap mengamankan pelaksanaan laga final Piala Presiden bila memang akhirnya berlangsung di Jakarta. 

“Pada prinsipnya Polda Metro Jaya siap melaksanakan pengamanan di GBK,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar M Iqbal saat dikonfirmasi CNN.com, Selasa (13/10/2015).

Sehari sebelumnya, Senin (12/10/2015), Iqbal memang sudah menekankan bahwa Polda Metro Jaya siap mengamankan gelaran final Piala Presiden meski izinnya belum jelas. Hingga saat ini pihak Mahaka Sport & Entertainment selaku penyelenggara juga belum menentukan sikap soal pemilihan venue.

Iqbal memastikan bahwa lebih dari 8000 personel Polda Metro Jaya akan siap mengamankan pertandingan bila seandainya final benar-benar digelar di Jakarta.

“Ada 8737 personel. Polda Metro Jaya melihat bahwa sepak bola bukanlah sesuatu yang rawan melainkan hiburan bagi masyarakat,” kata Iqbal.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Iqbal mengatakan koordinasi juga akan dilakukan dengan Polda Jawa Barat. Koordinasi dilakukan untuk mengantisipasi bentrok antar suporter di jalan tol dan akses jalan lainnya.

Bahkan, Polda Metro juga meminta pendukung Persija, Tha Jakmania untuk membantu mengamankan DKI Jakarta.

“Jakmania ikut mengamankan untuk menunjukan Jakarta ini aman. Kita juga mewaspadai penyusup,” ujar mantan Kapolres Jakarta Utara tersebut.(net/cnn/red/dzi)