Pemkab dan Kemenag Purwakarta Gelar Lomba MTQ

Foto : Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Purwakarta menggelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten, Rabu (20/1) di Bale Paseban Pendopo Purwakarta. Kegiatan ini sebelumnya digelar di tingkat kecamatan, beberapa peserta lolos ke tingkat kabupaten usai berlomba di masing-masing kecamatan.

 

Selanjutnya, peserta yang juara di tingkat kabupaten akan melaju sampai provinsi mewakili Purwakarta. Lomba MTQ sendiri sudah rutin dilakukan Pemkab bersama Kementerian Agama Purwakarta untuk menjaring kemampuan seni baca dan lagam baca Alquran. Pesertanya merupakan perwakilan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Kabupaten Purwakarta.

“Alirannya atau lagam bacanya beragam. Ada bayati, nihawan, dari bayati pun banyak lagi jenisnya. Kami yakin anak-anak Purwakarta bisa menguasai itu semua,” ungkap Kepala Sub Bagian Agama dan Masyarakat, Kesra Pemkab Purwakarta, Dindin Ibrahim di tengah acara Lomba MTQ.

Salah satu peserta lomba, Afifah (16) mengharapkan bisa lolos menjadi juara tingkat kabupaten dan maju mewakili Purwakarta di tingkat Jawa Barat. Afifah mengaku senang dapat turut serta dalam lomba tersebut. Semula dirinya tidak menyangka bisa lolos di tingkat kecamatan pada seleksi sebelumnya. Pasalnya Dia tak yakin bisa menang sekedar di kecamatan karena waktu itu banyak juga yang ikut seleksi MTQ tingkat kecamatan.

“Setelah tekun berlatih sebelum seleksi dimulai akhirnya Afifah lolos di tingkat kecamatan dan maju ke tingkat kabupaten. Senang, awalnya coba-coba, mudah-mudahan juara di kabupaten. Kemarin juara Afifah juara tingkat kecamatan,” tutur Afifah,

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku bangga dengan telah digelarnya lomba seni membaca Alquran atau MTQ tingkat kabupaten yang digelar Rabu kemarin. Pihaknya berniat akan memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran pemenang lomba untuk didengarkan setiap harinya di lingkungan kantor Pemkab Purwakarta.

Dalam sambutannya sendiri, Bupati Dedi menyampaikan pesan perihal rutinitas membaca ayat suci Alquran. Dia berpesan agar bacaan ayat suci Alquran tidak saja dibacakan saat acara resmi saja melainkan harus dibacakan dan diperdengarkan setiap harinya. Karenanya dia akan menjadikan bacaan ayat Alquran diperdengarkan setiap hari di lingkungan Pemkab Purwakarta. Dan yang membacakannya adalah pemenang lomba MTQ yang digelar hari tadi.

“Nanti juara Qiroah yang memiliki pelafalan dan suara yang bagus, suaranya kita rekam dan kita perdengarkan setiap pagi ke semua ruangan di kantor pemerintah, pegawai juga harus baik cara membaca Qurannya,” jelas Bupati Dedi.

Lebih jauh Bupati Dedi ingin peserta yang lolos pada perlombaan kali tersebut dapat mewakili Kabupaten Purwakarta ikut serta pada lomba yang sama di tingkat Jawa Barat. Dia juga mengharapkan kualitas peserta yang lolos adalah yang terbaik untuk mengharumkan nama Purwakarta.

“Dalam MTQ ini saya ingin yang terbaik bukan saja jago kandang di Purwakarta tetapi mampu bersaing di tingkat provinsi, peserta kali ini sedikit karena memang seleksi ketat, kita kan mengutamanakan kualitas judulnya juga musabaqoh,” pungkasnya.(aga)