Peran IGTKI Wujudkan PAUD Berkualitas

peringatan HUT IGTKI ke-71 Kabupaten di Bale Sawala Yudistira, Kamis 3 Juni 2021.

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta apresiasi dedikasi dan prestasi para tenaga pendidik yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengungkapkan, para tenaga pendidik tersebut telah bekerjasama secara baik dan telah menuai beberapa prestasi. Partisipasi pendidik Kabupaten Purwakarta terus meningkat dari tahun ke tahunnya.

“Perkembangan angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (APK PAUD) di Kabupaten Purwakarta pada tahun 2020 sebesar 62, 70 yang melebihi rata-rata APK PAUD Provinsi Jawa Barat yaitu sebesar 34,90. Diharapkan tahun 2021 ini, APK PAUD Kabupaten Purwakarta dapat mengalami peningkatan kembali,” kata Ambu Anne dalam peringatan HUT IGTKI ke-71 Kabupaten di Bale Sawala Yudistira, Kamis 3 Juni 2021.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan senantiasa berupaya mencapai tujuan dan sasaran dalam mewujudkan visi dan misi Melanjutkan Purwakarta Istimewa yaitu melalui pendidikan berkarakter, dengan sasarannya yaitu Meningkatkan Akses PAUD yang Bermutu dan Terjangkau.

“Momentum HUT IGTKI yang ke-71 ini merupakan bagian dari evaluasi sejauh mana dinas pendidikan mengintervensi, khususnya bidang PNF dengan kegiatan-kegiatan TK. Intervensi yang paling penting adalah cara menghargai para tenaga pendidik anak usia dini, khususnya keluarga besar IGTKI yang ada di daerah terpencil. Dimana di daerah perkotaan, partisipasi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi sudah baik persentasenya,” kata Ambu Anne.

Kata dia, meskipun di daerah pedesaan sudah ada beberapa lembaga pendidikan lain, akan tetapi IGTKI dan TK harus tetap hadir di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan Dinas Pendidikan segera menginventarisir sekolah-sekolah TK yang berada di pelosok, agar segera diberikan bantuan kepada gurunya maupun para pendidik lainnya.

“Melalui IGTKI, para tenaga pendidik bisa melakukan pelatihan-pelatihan agar dapat memotivasi anak-anak untuk semangat belajar. Selain itu, dinas pendidikan juga harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, karena Pemerintah juga siap membantu mulai dari stimulan maupun honorariumnya, karena hal ini dapat membantu pendidik dalam segi transportasi,” ujar Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Guru IGTKI dan Para Guru TK yang senantiasa aktif berpartisipasi dan berkiprah mendidik anak-anak Purwakarta dalam upaya mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas. “Semoga langkah ini dapat memotivasi para guru agar semangat bekerja,” ucapnya.

Diketahui, selain dihadiri Ketua PGRI Purwakarta, Purwanto, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IGTKI Kabupaten Purwakarta, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Koordinator, Pengawas dan Penilik PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Ketua PD Himpaudi Kabupaten Purwakarta, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Purwakarta, Para Korwas, dan Para Guru Se-Kabupaten Purwakarta.