Purwanto: PPDB Purwakarta Jujur, Merata dan Berkeadilan

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Dr H Purwanto MPd (kiri).

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Jujur, merata dan berkeadilan, itulah moto Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta tahun pelajaran 2021/2022.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta, Dr H Purwanto MPd mengatakan, proses PPDB di Purwakarta dijamin lebih jujur, merata dan berkeadilan.

Diketahui, gelaran PPDB sudah dimulai dengan diawali sosialisasi Peraturan Bupati Purwakarta nomor 121 Tahun 2021 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Penetapan Wilayah Zonasi Tahun Pelajaran 2021/2022.

“Sosialisasi dilakukan dengan cara daring dan luring, melalui media sosial dan elektronik seperti talkshow di radio. PPDB tahun ini untuk jenjang SD dan SMP dilkasanakan secara daring, adapun untuk TK secara luring,” kata Purwanto, Selasa (15/6/2021).

PPDB terdiri dari empat jalur untuk jenjang SMP yaitu Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, Jalur Prestasi dan Jalur Zonasi, Sementara Jenjang SD hanya 3 jalur tanpa jalur prestasi. Untuk TK hanya satu jalur yaitu jalur zonasi. Jadwal pelaksanaan PPDB untuk jenjang TK/PAUD tanggal 1-7 Juni 2021.

“Jenjang SD 1-3 Juni Jalur Afirmasi, 4-7 Juni Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, 8-15 Juni jalur Zonasi, tabggal 5 Juli Pengumuman hasil PPDB,” katanya

Jenjang SMP 16-18 Juni Jalur Afirmasi, 19-22 Juni jalur perpindahan tugas orang tua, 23-25 Juni jalur prestasi, 26 juni -2 Juli jalur Zonasi, 5 Juli Pengumuman hasil PPDB.

“Adapun tahun ajaran baru 2021/2022 jatuh tanggal 12 Juli 2021,” ucap kadisdik.

PPDB online ini berbasis web yang dapat diakses melalui laptop, PC maupun handpohone. Proses pendaftaran bisa dilaksanakan kapanpun dan dimanapun begitupun para pendaftar, quota dan posisi pendaftar dapat dipantau secara riiltime oleh pendaftar maupun masyarakat umum.(dik)