UI Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional

DEPOK, headlinejabar.com
Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Universitas Indonesia (UI) berkerja sama dengan AUN Quality Assurance (AUN-QA) menyelenggarakan Konferensi Internasional ASEAN University Network dengan tema “Fostering Quality Education Improvement in Our Universities for ASEAN Community, Senin (28/3/2016).
Hadir dalam konferensi internasional itu perwakilan dari negara-negara ASEAN dan Perwakilan dari negara Jepang, Korea, Singapura dan Eropa.
Dalam kata sambutannya Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis mengajak seluruh akademisi agar dapat meningkatkan profesionalitas nya agar dapat menjawab tantangan serta persaingan di tingkat global.
“Konferensi ini sangat penting agar perguruan tinggi dapat meningkatkan posisi tawar di tengah era Asean Community dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” jelas Prof Anis.¬†
Anis juga berharap Konferensi ini dapat menjadi forum diskusi serta pertukaran informasi dan pengetahuan terkait penjaminan mutu pendidikan sekaligus menjadi wadah untuk menjalin kerja sama akademik diantara perguruan tinggi.
“Dengan Konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi akademik UI di tingkat internasional,” katanya saat membuka acara Konferensi Internasional di Balai Sidang Universitas Indonesia.
Lanjut Anis dalam memasuki era MEA sivitas akademika pendidikan tinggi baik tenaga pengajar maupun mahasiswanya dan lulusannya dituntut untuk tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional melainkan harus mampu bertahan di tingkat global.
“Dengan tuntutan ini menyebabkan perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat serta harus siap mengantisipasi hadirnya ASEAN Community yang merupakan satu visi satu identitas dan satu komunitas negara ASEAN,” tutupnya.(yog/dzi)
Baca Juga  Tiga Siswi Smansa Jadi Pramuka Teladan Jawa Barat