Pilkades Serentak Purwakarta Tercepat se-Indonesia

Pilkades Serentak Purwakarta 2015

PURWAKARTA, HeadlineJabar.com
Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (26/8/2015) hari ini, menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tercepat di Indonesia. Ke-87 kepala desa tersebut dipilih mulai pukul 07.00 WIB dan akan diumumkan pukul 20.00 WIB malam nanti.

“Kami menggelar pilkades untuk 87 desa di 16 kecamatan. Berbeda dengan yang lain, pilkades di Purwakarta sama dengan pilkada ataupun pilpres, menggunakan sistem TPS (tempat pemungutan suara),” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Rabu (26/8/2015). 

Dedi menjelaskan, ada 167 TPS dengan jumlah pemilih 227.891 orang. Mereka akan memilih 302 calon kades untuk menempati 87 kursi. Biayanya sendiri akan ditanggung Pemkab Purwakarta sekitar Rp15.000 per pemilih. Jumlah itu lebih rendah dari pelaksanaan pilkada yang mencapai Rp18.000 per pemilih. 

“Pilkades ini akan jadi yang tercepat. Begitu selesai pemilihan akan langsung dilantik. Bagi yang tidak berkenan dengan hasil pemilihan, silahkan untuk melayangkan gugatan,” tutur dia.

Meski terjadi gugatan, pelantikan akan tetap dilakukan. Hal ini untuk menghindari kekosongan kursi pemerintahan. Jadi, selama gugatan berlangsung, pemerintahan di tingkat desa masih akan terus berjalan. 

Jika gugatan dikabulkan, maka Pemkab Purwakarta akan melantik kades pemenang di pengadilan. “Pemkab Purwakarta di sini sebagai fasilitator,” imbuhnya. 

Dedi menceritakan, proses pilkades di Purwakarta. Pertama panitia pemilihan desa akan menerima pendaftaran calon kades, maksimal lima calon kades. Yang menilai kelayakan calon kades tersebut adalah panitia tersebut.

Kemudian panitia akan mengundang warga untuk datang ke TPS dan memilih calon yang menurutnya layak. Undangan disampaikan beberapa hari sebelum pemilihan. 

Seusai pemilihan, akan dilakukan penghitungan suara. Dan pemenangkan dinyatakan sebagai kades terpilih. “Di malam harinya akan dilaksanakan pelantikan,” ucap dia. 

Pilkades serentak tercepat ini, sambung Dedi, bisa memperoleh rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).(dzi)