Politisi Sukabumi Dukung Perubahan Nama Jawa Barat

Logo Provinsi Jawa Barat

SUKABUMI, HeadlineJabar.com
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Sukabumi, Reni Marlinawati, mendukung wacana perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan. Persetujuannya tersebut mengacu pada sejarah kekayaan berbagai kerajaan dari tatar Pasundan.

“Saya setuju perubahan nama menjadi Provinsi Pasundan. Saya mengajak semua orang Sunda mendukung perubahan ini,” kata Reni saat dihubungi, Rabu, 5 Agustus 2015.

Baca Juga  Jurus DM4Jabar Tuntaskan Kompleksitas Masalah di Jawa Barat

Menurut Reni, perubahan nama itu akan memperkuat identitas orang sunda. Meski berada di Pulau Jawa, orang Sunda berbeda dengan orang Jawa Tengah maupun Jawa Timur. “Jawa Barat hanya mewakili teritori. Tapi tidak menegaskan kultur orang Sunda,” kata dia.

Selain itu, menurutnya muncul penyeragaman dari orang-orang di luar Pulau Jawa. Kondisi itu pernah dia alami saat berkunjung ke wilayah Sumatera.

Baca Juga  Setelah Golkar dan NasDem, PAN Dukung Anne-Aming di Pilkada Purwakarta

“Kita sering dibilang orang Jawa. Saya pernah bilang saya orang Sunda. Mereka bilang tetap di Jawa kan?” katanya.

Ia mengakui tidak mudah mengusulkan perubahan nama provinsi. Mengingat ada usulan pembentukan Provinsi Cirebon dan yang lain. “Kita bisa bicarakan itu. Ini masalah identitas bukan pemekaran wilayah baru,” tuturnya.(net/dzi)