Rp81 Miliar Ongkos Pilkada Bandung Barat 2018

Foto : Ilustrasi lambang KPU dengan mata uang Rupiah pecahan Rp100 ribu. Sumber, istimewa

BANDUNG BARAT, headlinejabar.com

Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Bandung Barat menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bandung Barat tahun 2018 mendatang. Bukan main, sedikitnya KPU Bandung Barat membutuhkan anggaran sebesar Rp81 miliar untuk suksesi pelaksanaan Pemilu raya tingkat daerah ini.

Besarnya anggaran ini bahkan dibagi ke dalam tiga alokasi anggaran yaitu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bandung Barat tahun 2016, 2017, dan 2018.

“Hasil perhitungan KPU bahwa anggaran untuk membiayai pelaksanaan Pilkada 2018 sebesar Rp81 miliar,” jelas Ketua KPU Bandung Barat Iing Nurdin saat memberikan jawaban persnya baru-baru ini.

Dia menjelaskan, besarnya anggaran Pilkada karena seluruh tahapan Pilkada menjadi tanggung jawab KPU. Sebagian besar tersedot untuk alat peraga kampanye (APK) yang menghabiskan sekitar Rp20 miliar.

“Anggaran terbesar untuk APK sebesar Rp20 miliar,” terang Iing.

Adapun tahapan Pilkada itu meliputi pembuatan dan pemasangan APK, kampanye di media cetak dan elektronik, penyebaran bahan kampanye, dan debat terbuka antar pasangan calon.

“Semua tahapan Pilkada sumber dananya dari daerah,” ucap dia.(fkj/dzi)