Dengan Semangat Dies Natalis UPI dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Indonesia

DEWASA ini, pandemi covid-19 kerap menjadi topik serta masalah utama bagi seluruh penjuru dunia terutama di Indonesia. Dampak dari adanya wabah pandemi covid-19 sangat mengancam beberapa sektor dalam negeri contohnya pendidikan. Oleh karena itu pemerintah segera mengeluarkan beberapa kebijakan demi menanggulangi dampak dari adanya wabah pandemi seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB), hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kondisi ini mengharuskan pendidikan mengalami suatu perubahan yang lebih baik dari sebelumnya, seperti kesiapan pembelajaran secara daring, hingga bisa terlaksananya beberapa kegiatan secara tatap muka terbatas yang dalam hal ini tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Dalam rangka semangat menyambut Dies Natalis UPI yang ke-67 pada tahun 2021 ini, Universitas Pendidikan Indonesia diharapkan dapat Membangun Pendidikan Bermutu dan Berkeadilan untuk Indonesia Maju. Dalam upaya meningkatkan Pendidikan Indonesia di Hari Ulang Tahun UPI yang dilaksanakan secara tatap muka bertempat di Kampus Bumi Siliwangi, serta secara tatap maya melalui platform zoom dan youtube. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor beserta Keluarga Besar Civitas Akademik UPI Bumi Kampus Siliwangi, Kampus Daerah Purwakarta, Kampus Daerah Tasikmalaya, Kampus Daerah Serang, Kampus Daerah Cibiru, serta Kampus Daerah Sumedang.
Melalui kegiatan Dies Natalis UPI pada hari Kamis, tanggal 21 Oktober 2021 yang merupakan suatu momentum untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Bahwasannya guru sebagai pendidik yang menjadi tokoh panutan bagi peserta didik tidak akan tergantikan oleh digitalisasi yang ada, namun digitalisasi dapat memberikan nuansa baru dalam sistem dan mekanisme pembelajaran di Indonesia. Karena guru memiliki keterikatan emosional, rasa tanggung jawab, wibawa, mandiri, dan disiplin yang disesuaikan dengan Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Menuju Revolusi Industri 4.0.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis UPI termasuk dalam pidatonya Bapak Nadiem Makarim mengungkapkan bahwasannya dalam mencapai Revolusi Industri 4.0 perlu adanya transformasi dan perubahan yang cepat dari berbagai sektor pendidikan, salah satunya perubahan yang mengarah pada kemajuan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, bahwa Indonesia harus melek teknologi agar tidak tertinggal jauh dari negara lainnya. Hal itu tentunya perlu ada unsur terkait dalam mencapainya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Selanjutnya yakni Lomba-Lomba dan Pemberian Penghargaan yang telah dicapai oleh Universitas Pendidikan Indonesia melalui prestasinya dalam rangka mengembangkan inovasi pendidikan. Salah satunya Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta, Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T. yang telah meraih Penghargaan Peringkat Ketiga Anugerah Inovasi 2021 Dies Natalis UPI Ke-67.

Sehubungan dengan era revolusi industri 4.0, Universitas Pendidikan Indonesia telah memberikan banyak perubaham dalam mengembangkan inovasi terkait pendidikan Indonesia, salah satunya pada mata kuliah Robotik untuk Sekolah Dasar dengan Dosen Pengampu Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T., Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta telah banyak berkontribusi dan memberikan inovasi terkait bidang teknologi, yang memiliki harapan besar kedepannya Para Pendidik di Indonesia bisa mencetak generasi Emas demi kemajuan Bangsa Indonesia. Keterkaitan dalam mata kuliah Robotik untuk SD ini dapat meningkatkan kreativitas peserta didik di sekolah dasar dalam mengembangkan robot pemrograman sebagai media pembelajaran yang interaktif serta menyenangkan.
Oleh karena itu Penulis turut mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Universitas Pendidikan Indonesia yang ke- 67. Terimakasih dan Selamat telah meraih berbagai penghargaan yang sangat istimewa. Penulis berharap Universitas Pendidikan Indonesia tetap menjadi Universitas yang Pelopor dan Unggul serta akan terus tumbuh menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang mencapai Leading and Outstanding dan akan menjadikan Universitas Pendidikan terbaik di Indonesia.

Penulis :
Muhammad Rapi Rizki, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Daerah Purwakarta
Syifaul Fuada, S.Pd., M.T., Dosen Pembimbing Mata Kuliah Robotik untuk SD