62 Tempat Wisata di Purwakarta Boleh Beroperasi

PURWAKARTA, headlinejabar.com

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika rekomendasikan tempat-tempat wisata untuk mulai beroperasi kembali di era new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Ia meminta jajaran dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaa (Disporaparbud) serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid19 Purwakarta untuk melakukan survei ke tempat-tempat wisata yang ada di Purwakarta.

“Ada 62 titik destinasi wisata yang rencananya akan kita keluarkan rekomendasi operasinya. Semuanya sudah kita cek ke lokasi melalui Dinas Pariwisata, tim gugus tugas dan didampingi ada jajaran TNI-POLRI,” ujar Anne saat di berada di Posko GTPP Covid19 Purwakarta, Kamis (25/06/2020).

Menurutnya, pihak pengelola pariwisata di Purwakarta sudah melakukan persiapan terkait protokol kesehatan yang harus dijalankan. Oleh karena itu, pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi untuk memulai beroperasi kembali.

“Jadi, sudah di cek ke 62 tempat wisata ini untuk diberikan rekomendasi dibuka operasionalnya. Mereka sudah memenuhi persyaratan untuk protokol kesehatannya. Nantinya setelah tanggal 26 Juni 2020 ini semua tempat wisata ini boleh beroperasi kembali, kecuali wisata air,” kata Anne.

Ia mengatakan, ada kategori wisata lainnya yang rekomendasinya belum dikeluarkan oleh pemerintah, yakni wisata air. Sampai sekarang wisata air belum direkomendasikan untuk beroperasi.

“Karena kita masih menunggu kajian dari dinas kesehatan apakah wisata air akan beresiko sangat besar terhadap penularan virus Covid19 ini. Wisata air ini kan banyak, ada kolam renang, sungai, air terjun dan lain sebagainya. Kita sedang mengkaji regulasinya seperti apa, supaya nantinya tidak merugikan kita semua,” jelas Anne.

Selain itu, Bupati yang akrab disapa Ambu Anne menambahkan, wahana bermain anak pun sama, rekomendasi beroperasinya belum ia keluarkan.

“Seperti fasilitas bermain dan wahana bermain anak yang ada di mall-mall belum kita rekomendasikan, karena kita ketahui, anak-anak sangat rentan terpapar penyebaran Covid19 ini,” demikian Anne.(dik)